blank
Greysia Polii/Apriyani Rahayu

SEMARANG– Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti menyebutkan, laga babak semi final Piala Sudirman 2019, akan menjadi laga yang tak akan mudah bagi tim Indonesia. Jepang memang punya kekuatan merata, namun di babak penyisihan Grup A, mereka sempat tertinggal 1-2 dari Rusia, saat kecolongan nomor tunggal putra dan ganda putra.

Di laga penyisihan grup itu, Jepang akhirnya memenangkan duel dengan Rusia dengan skor akhir 3-2. Satu kemenangan lagi direbut Jepang atas Thailand dengan skor 4-1 dan memastikan diri menjadi juara grup A. Di babak perempat final, Jepang menang telak 3-0 atas Malaysia.

Sedangkan Indonesia merupakan juara Grup B dengan mengantongi satu kemenangan atas Inggris dengan skor 4-1, serta satu kekalahan dari Denmark dengan skor 2-3. Pada babak perempat final, seperti dikutip dari badmintonindonesia.org, Jumat (24/5), Indonesia menekuk Taiwan dengan skor 3-2.

”Kekuatan Jepang memang merata, tapi saat ketemu Rusia, Jepang juga sempat tertinggal. Kalau kita kupas satu-satu, ganda putra memang ramai, lihat dari head to head dulu, siapa yang akan turun. Kalau di ganda putri kita memang banyak kalah, tapi kan di pertandingan ini kita belum tahu,” kata Susy, jelang pertemuan kedua tim untuk memperebutkan satu jatah tiket ke final.

Jangan Kendor
Menurut dia, penampilan Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga lagi naik. ”Mereka nggak terkalahkan dari awal, mudah-mudahan percaya diri mereka naik dan tambah berani. Dengan kemenangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, percaya diri mereka juga sedang naik, apalagi menjadi penentu,” jelas istri dari Alan Budi Kusma ini.

”Untuk tunggal putra, antara Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, mereka berdua pun menang kalah saat jumpa Kento Momota. Di tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung pernah menang dari Akane Yamaguchi,” imbuh peraih medali emas bulutangkis di Olimpiade Barcelona 1992 itu.

“Pada saat briefing kami memang bilang, kalau di tim harus kompak. Yang tidak main, bantu tim untuk support temannya yang sedang main. Jadi pemain merasa nggak sendirian. Tidak lupa tadi kami juga mengingatkan mereka untuk jangan kendor, takut juga kan kalau lagi posisi seperti itu kalau lengah,” tambahnya.

Partai Indonesia melawan Jepang di babak semi final Piala Sudirman 2019 akan disiarkan langsung di stasiun TVRI, Sabtu (25/4), pukul 17.00-22.00 WIB. Di partai semi final lainnya mempertemukan tuan rumah Cina lawan Thailand, mulai pukul 10.00WIB.

suarabaru.id/Riyan