blank
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengukuhkan kepengurusan KIM (kelompok informasi masyarakat ) dan FK Metra (forum komunikasi media tradisional) di Pendapa Pengabdian, Selasa (21/5), (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Wali Kota Sigit Widyonindito mengukuhkan kepengurusan KIM (kelompok informasi masyarakat ) dan FK Metra (forum komunikasi media tradisional) di Pendapa Pengabdian, Selasa (21/5).

Pengurus KIM periode 2017-2021 diketuai Edi Masrur, sedang FK  Metra periode 2019-2024 ketuai oleh Totok Budiyono.

Kedua lembaga ini dinilai memiliki peran sangat strategis dalam proses pembangunan di Kota Sejuta Bunga.

Hadir pada pengukuhan itu Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, para asisten dan kepala OPD serta tamu undangan.

‘’Saya apresiasi ketulusan dan keikhlasan para pengurus yang mau menjadi bagian dari dua lembaga strategis ini. Proses pembangunan tidak akan berjalan lancar apabila tidak merengkuh seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya KIM dan FK Metra ini,’’ kata Sigit.

Menurutnya, KIM punya andil besar dalam penyerapan dan penyebaran informasi. Hal ini mengingat KIM merupakan lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat.

‘’Di era serba digital, seluruh informasi tidak mutlak diakses hanya dengan teknologi informasi saja. Cara menangkap sebaran informasi setiap masyarakat membutuhkan media yang berbeda. Maka, kehadiran KIM dan FK Metra masih sangat vital,’’ terangnya.

Dia menuturkan, penggunaan media tradisional dapat membangun kedekatan antara masyarakat dan pemerintah. Juga menjadi perekat transaksi sosial, memperkecil sekat antara sistem tradisional dan modern, serta menjadi penyeimbang dominasi media modern saat ini.

Semoga pengukuhan pengurus ini makin memperkuat eksistensi kedua lembaga ini dalam mendukung visi mewujudkan Magelang sebagai kota jasa yang modern dan cerdas dilandasi masyarakat sejahgera dan religius.

Sigit mengajak pengurus maupun anggota KIM dan FK Metra untuk senantiasa memperkuat soliditas dan solidaritas internal. Termasuk membangun motivasi dalam melaksanakan tugas pengabdian.

‘’Kepada masyarakat mari dukung KIM dan FK Metra, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fugnsinya dengan optimal. Aspirasi bisa disampaikan melalui dua lembaga ini, nanti kami akan rumuskan untuk realisasinya,’’ ujarnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono