Bagikan
Direktur Utama PD BPR Bank Magelang, Hery Nurjiyanto (tengah) menandatangani kerjasama dengan Kepala Disperkim Handini Rahayu disaksikan Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina (kiri). (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- PD BPR Bank Magelang meluncurkan program Tabungan Khusus Perencanaan Griya (Bung Sunarya) untuk masyarakat penghuni rumah susun sederhana sewa (rusunawa) maupun rumah susun khusus (rusus) di Kota Magelang.

Program kerjasama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) setempat itu untuk membantu masyarakat yang ingin menabung guna keperluan membangun atau membeli rumah sendiri.

Kepala Disperkim Kota Magelang, Handini Rahayu menyatakan,  program ini menjadi implementasi tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan perumahan bagi masyarakat. Pihaknya hadir melalui program tersebut.

‘’Kami memiliki kewajiban untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan rumah tinggal sendiri, setelah sekian lama diberi kesempatan tinggal di rusunawa,’’ kata Handini saat penandatanganan kerjasama program ‘Bung Sunarya’ antara Disperkim dan PD BPR Bank Magelang, di Aula Rusunawa Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, beberapa hari lalu.

Dihadapan penghuni rusunawa dia menerangkan, tinggal di rusunawa memiliki batas waktu karena memakai sistem sewa. Para penghuni semestinya memiliki cita-cita untuk mempunyai rumah tinggal sendiri. Dirinya berharap mereka memanfaatkan kemudahan Bung Sunarya dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

‘’Mumpung diawal-awal tahun menghuni, kami memberikan pendampingan agar mereka memiliki krentek (keinginan) yang sama untuk merencanakan memiliki rumah,’’ ujar Handini.

Mantan Sekretaris Disperkim itu menyebutkan beberapa strategi sudah dilakukan pemerintah pusat dan digulirkan sampai ke daerah, terkait penyediaan perumahan. Salah satunya adalah pembangungan rusunawa, rusus, rumah tidak layak huni yang dilaksanakan melalui program peningkatan kualitas maupun pembangunan baru.

Melalui program tersebut diharapkan para penghuni rusunawa  bisa memiliki perencanaan yang lebih pasti dan bisa dijangkau. Bung Sunarya merupakan tahapan awal, dan masih akan ada tahapan lagi yang akan menjadi perencanaan bersama.

‘’Ke depan kami tidak hanya bermitra dengan PD BPR Bank Magelang, termasuk juga dengan sejumlah pengembang. Jadi nanti akan ada beberapa alternatif pilihan yang bisa diambil penghuni rusunawa ketika sudah memiliki perencanaan punya rumah sendiri,’’ ungkapnya.

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, mengapresiasi kerjasama antara Disperkim dengan PD BPR Bank Magelang tersebut. Ini salah satu inovasi Disperkim yang bisa dimasukkan dalam program Pemkot Magelang .

‘’Penghuni rusunawa harus berterimakasih kepada Disperkim, karena sudah menyiapkan program lanjutan setelah penyediaan rusunawa yang sudah ditinggali ini,’’ tuturnya.

Dia berharap, penghuni rusunawa memiliki perencanaan memiliki rumah sendiri dalam jangka waktu 3-6 tahun ke depan. Bisa dengan membeli atau membangun sendiri maupun kembali mengikuti program pemerintah melalui rumah susun sederhana milik sendiri (rusunami).

Selain itu, lanjut Windarti, Bung Sunarya tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menabung keperluan perumahaan tapi juga kebutuhan lainnya. ‘’Tabungan tidak akan merugikan diri sendiri. Kalau tidak untuk perumahan bisa untuk keperluan atau kebutuhan yang lain,’’ terangnya.

Direktur Utama PD BPR Bank Magelang, Hery Nurjiyanto menambahkan,  beberapa fasilitas Bung Sunarya di antaranya nasabah akan mendapatkan asuransi, bebas biaya administrasi dan tetap diikutkan undian PD BPR Bank Magelang dengan hadiah mobil, sepeda motor dan lainnya. ‘’Bung Sunarya ini bisa dimanfaatkan para penghuni rusunawa maupun rusus dengan sebaik-baiknya,’’ ucapnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here