blank
Antri : Para warga binaan mengantri menu buka puasa. Kegiatan ini diselenggarakan Rutan Klas IIB bersama Komunitas Pecinta Sedekah Grobogan (PSG) di aula rutan tersebut beberapa waktu lalu. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Ada yang berbeda saat waktu berbuka puasa di Rutan Klas IIB Purwodadi, Jumat (17/2) kemarin. Biasanya, ratusan warga binaan di rutan tersebut melaksanakan buka puasa di sel masing-masing. Namun, hari itu mereka melakukan kegiatan buka puasa bersama komunitas Pecinta Sedekah Grobogan (PSG).

Bertempat di aula rutan tersebut, para warga binaan berkumpul bersama petugas rutan tersebut. Sebelum berbuka puasa, mereka mengikuti pengajian dan siraman rohani yang disampaikan Kyai Roni yang juga pengasuh Ponpes Darul Kailani, Tawangharjo.

Suasana khidmat terasa saat pengajian dan siraman rohani ini. Terlihat para warga binaan ini menghayati setiap baris lantunan ayat suci yang dikumandangkan seorang warga binaan di rutan tersebut.

blank
Seorang warga binaan, Antok, melantunkan ayat suci Alquran dalam momen tersebut. Foto : Hana Eswe.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Rutan Klas IIB, Surrakhmat dan jajarannya seperti Kasubsie Pelayanan Tahanan Heri Dwi Siswanto dan jajaran personel rutan tersebut. Dalam kesempatan itu, Surrakhmat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan PSG di tempat yang dipimpinnya tersebut.

“Hari ini kita mengadakan kegiatan dalam rangka bulan Ramadan yaitu kegiatan yang diselenggarakan antara Rutan Klas IIB Purwodadi dan komunitas Pecinta Sedekah Grobogan (PSG). Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan PSG dengan membuat kegiatan berbuka puasa bersama warga binaan,” ujar Surrakhmat.

Surrakhmat menilai, adanya kegiatan ini para warga binaan terlihat bahagia. Menurut dia, kebahagiaan tersebut disebabkan momen Ramadan yang indah ini dapat dilaksanakan bersama teman-teman mereka dalam bentuk buka puasa bersama di aula.

“Tadi kita bisa lihat mereka bahagia karena biasanya mereka berbuka puasa di kamar masing-masing. Hari ini mereka berbuka puasa bersama. Apalagi tadi juga diberikan kultum sehingga diharapkan dapat memberikan wawasan kepada mereka,” ujar Surrakhmat yang didampingi Kasubsie Pelayanan Tahanan, Heri Dwi Siswanto usai buka puasa bersama.

Sementara itu, Ketua PSG Arofik saat sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kepedulian yayasan PSG kepada warga binaan Rutan Klas IIB Purwodadi ini. Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan berbuka puasa ini dimaksudkan untuk meningkatkan silaturahmi antara warga binaan dengan petugas lapas dan secara khusus dengan PSG.

“Yang kami laksanakan hari ini yaitu memberi kebahagiaan bersama warga binaan di Rutan ini,” ujar Arofik.

Kegiatan buka puasa bersama ini berjalan dengan lancar. Konsep yang diusung dalam buka bersama dengan model prasmanan. Para warga binaan terlihat tertib mengantri untuk mengambil menu makanan yang sesuai yang mereka inginkan.

suarabaru.id/Hana Eswe.