blank
Rombongan wisatawan dari Jepang menikmati masakan tradisional di Omah Mbudur Foto Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)

MAGELANG – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar)  Jawa Tengah membuat paket wisata Fun Trip di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, untuk merespon banyaknya kunjungan wisatawan Jepang pada saat peringatan Trisuci Waisak.

Kepala Seksi Pengembangan Pasar Disporapar Jateng, Tanti Apriani, mengatakan, pembuatan paket wisata itu didorong oleh Kementerian Pariwisata dan beberapa biro perjalanan dari Jepang.

“Kegiatan berlangsung dua hari, wisatawan diajak mengunjungi sejumlah distinasi,”katanya, Minggu (19/5).

Dengan menggunakan transportasi sepeda kayuh dan andong rombongan wisatawan Jepang keliling beberapa desa wisata seperti Candirejo, Omah Mbudur Wanurejo, atraksi membatik dan bermain gamelan, serta mengikuti rangkaian peringatan Waisak, yakni menerbangkan lampion.

“Diharapkan, ke depan paket wisata tilik ndesa ini bisa mendukung program pemerintah khususnya lama tinggal di Borobudur,” tuturnya.

Nuryanto, pengelola Omah Mbudur, mendukung upaya pemerintah dalam menangkap momen Waisak untuk mendatangkan wisatawan manca negara secara lebih maksimal.

“Jika program ini berhasil akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Di Omah Mbudur, wisatawan Negeri Matahari Terbit menikmati atrakasi antara lain pentas Tari Sinjang Tarum Biru yang merupakan ciptaan Nuryanto, diiringi gamelan dan karawitan dari Sanggar Dua Atap Magelang Selatan.

suarabaru.id/Tuhu Prihantoro