blank
Timo Werner/dok

LEIPZIG – RB Leipzig punya misi menggulingkan Bayern Munich dalam pertandingan pekan ke-33 Liga Jerman (Bundesliga) di Red Bull Arena, Sabtu (11/5). Posisi Bayern memang di atas angin. Die Roten kini unggul empat angka di atas peringkat kedua Borussia Dortmund. Kemenangan di kandang Leipzig bakal memastikan gelar aman di tangan. Namun, RB Leipzig menjanjikan pertarungan yang sengit. Klub berlogo banteng itu tampil luar biasa musim ini. Poin penuh juga akan membuat Die Rotenbullen nyaman di zona Liga Champions.

Pelatih RB Leipzig Ralf Rangnick menyatakan siap bermain menyerang seperti biasa. Dia kemungkinan menurunkan skema 3-1-4-2. Tumpuan gol mengandalkan tombak kembar Timo Werner dan Yussuf Poulsen. Werner dan Poulsen merupakan pasangan penyerang yang garang. Sejauh ini Werner mengemas 16 gol, sedangkan Poulsen 16. Paduan keduanya wajib diwaspadai lini belakang Si Merah. Duo Werner-Poulsen juga dikenal tidak egois. Itulah yang membuat tombak kembar ini selalu kompak baik di dalam maupun di luar lapangan.

Di kubu klub kaya raya Bavaria, pelatih Niko Kovac amat bersemangat untuk memburu kemenangan di markas Die Rotenbullen. Tiga poin akan membuat Kovac meraih gelar Bundesliga pertamanya. Hanya, juru racik asal Kroasia ini tak bisa menurunkan skuad terbaik. Kiper utama Manuel Neuer absen lantaran cedera. Posisinya digantikan Sven Ulreich.

Musim ini performa Hollywood FC cenderung kurang stabil. Titik lemah ada di barisan pertahanan terutama sektor bek tengah. Jerome Boateng dan Mats Hummels melemah karena dimakan usia. Bek tengah muda Niklas Suele kini menjadi tumpuan.

”Kami berharap anak-anak bisa fokus penuh. Itu akan menjadi kunci pada partai ini,” ungkap Kovac. Meski menurun di lini belakang, Bayern tetap kuat di tengah dan depan. Kehadiran gelandang bertahan Leon Goretzka memang melegakan. Dia telah mengoleksi sembilan gol plus tujuh assist. Tanpa Franck Ribery dan Arjen Robben, Kovac masih memiliki dua winger cepat, Kingsley Coman dan Serge Gnabry. Peran dua sayap itu sangat dibutuhkan untuk menyokong bomber Robert Lewandowski. (rr)