blank
Fredyan Wahyu/dok

SEMARANG – PSIS Semarang dipastikan tak diperkuat striker asal Brasil, Claudir Junior Marini, dalam dua laga awal Liga 1 2019. Bomber pengganti Bruno Silva itu mengalami cedera serius. Direktur Marketing PSIS Ferdinand Hindiarto mengemukakan hal itu dalam jumpa pers persiapan peluncuran tim dan jersey di Mes PSIS, Kamis (9/5). Pria yang juga diberi amanat menjadi ketua panitia pelaksana (panpel) pertandingan ini menambahkan kondisi Claudir masih dalam penanganan tim kesehatan Laskar Mahesa Jenar. Dengan demikian, pemain jebolan Corinthians itu tak bisa tampil dalam uji coba melawan Arema FC pada Sabtu (11/5).

Claudir diprediksi absen membela Mahesa Jenar pada pekan pertama Liga 1 melawan Kalteng Putra di Magelang, 16 Mei mendatang. Dia bakal absen pula ketika jumpa Persija Jakarta pada 26 Mei. ”Manajemen menyerahkan perawatan Claudir kepada tim kesehatan. Untuk pelatih, manajemen juga memberikan keleluasaan memilih skema tanpa adanya pemain yang baru kami datangkan musim ini tersebut,” papar Ferdinand.

Di Piala Presiden, Claudir mencetak dua gol dalam tiga partai. Potensinya sebenarnya menjanjikan. Sayang, cedera mengadangnya. Pekan ini Mahesa Jenar kedatangan bek sayap baru, yakni Fredyan Wahyu. Selain itu, kiper Jandia Eka Putra sudah terbebas dari cedera. Menurut General Manager Wahyoe ”Liluk” Winarto, Fredyan yang akrab disapa Ucil bukan orang baru dan asli Jateng. Dia jebolan PPLP Jateng.

”Dulu, dia pernah latihan bareng dengan kami di Stadion Jatidiri. Kami bersyukur slot untuk posisi bek sayap semakin lengkap,” tegas Liluk. Sebelumnya, manajemen mencoret bek sayap asal Padang, Fauzan Jamal, karena tidak sesuai dengan kriteria pelatih. Mahesa Jenar masih punya tujuh bek sayap. Mereka adalah Ganjar Mukti, Safrudin Tahar, Riyan Ardiyansyah, Aqsa Saniskara, Soni Setiawan, Kalvin Wopi, Akbar Riansyah, dan Frendi Saputra. Akbar dan Frendi kemungkinan tak didaftarkan lantaran cedera parah.

Ucil juga melengkapi kuota minimal tujuh pemain U-23 yang harus ada di tim. Dia berada dalam satu kelompok dengan Aqsa, Riyan, Tegar Infantrie, Eka Febri, M Fadli, dan Yoga Adiyatma. Ucil tercatat sebagai bagian dari Timnas U-22 yang menjuarai Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. Saat membela PSMS tahun lalu, dia bermain dalam 29 laga dan menyumbang satu gol. (rr)