Bagikan
SDN Kramat 2 Magelang ikut berpartisipasi pada pawai tarhib menyambur Ramadan 1.440 Hijriah, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Menyambut Ramadan 1.440 Hijriah/2019, Minggu pagi (5/5) sekitar 12.000 siswa mulai tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga SMA/SMK di Kota Magelang  mengikuti pawai tarhib.

Kepala Dinas Pendidikan Taufiq Nurbakin menerangkan, pawai Tarhib Ramadhan tahun ini diikuti oleh sedikitnya 12.000 peserta. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang diikuti  7.000 siswa.

Menurutnya, kegiatan itu bertujuan  untuk mensyiarkan dan
menggaungkan bulan suci Ramadan kepada para siswa. Selain itu,  sebagai media silaturahmi antarpeserta didik dari   berbagai kelompok  dan jenjang pendidikan.

Tujuan lainnya, lanjut Taufik, untuk menyatukan persepsi  dari berbagai kelompok organisasi dalam menyambut bulan yang suci ini.
Dia mengatakan, beberapa tahun lalu kegiatan semacam itu dilakukan oleh masing-masing  kelompok organisasi dan yayasan sekolah.

Untuk menyatukan,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan  Kantor Kementerian Agama Kota Magelang melaksanakan kegiatan tersebut bersamaan.
‘’Kegiatan ini juga untuk melatih putra putri kita agar
meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,’’ tuturnya.

Disamping itu, kegiatan tersebut juga selaras dengan visi Pemerintah Kota Magelang. Visinya sebagai kota jasa yang modern dan cerdas dilandasi masyarakat sejahtera dan religius.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Kota Magelang Joko Budiyono menuturkan, pemkot   mendukung  secara penuh kegiatan keagamaan di Kota Magelang termasuk  pawai  tarhib.

Kegiatan itu bertujuan sangat mulia, yakni menyiapkan anak menjadi generasi muda yang maju, cerdas dan soleh. ‘’Kegiatan ini merupakan nafas dan semangat saya untuk mewujudkan visi Kota Magelang,’’ tegasnya.

Rute yang ditempuh para siswa pada pawai tarhib  tersebut berbeda-beda. Untuk siswa TK  start di  Jalan A Yani sebelah timur Alun-alun Kota Magelang langsung menuju Jalan
Alun-alun Selatan dan mengelilingi alun-alun setempat.

Untuk siswa  yang sekolahnya berada di wilayah Magelang Selatan, rutenya dari alun-alun timur, Jalan Pemuda, Jalan Tidar dan berakhir di Kompleks Kampus I Universitas Muhammadiyah Magelang.

Siswa yang sekolahnya berada di wilayah Magelang Utara, berangkat dari Alun-alun Timur menuju Jalan Alun-alun Selatan, kemudian Jalan Yos Sudarso, Jalan Veteran, Jalan Pahlawan dan berakhir di sekolah masing- masing. (hms)

 

Editor : Doddy Ardjono

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here