blank
Wabup Magelang Edi Cahyana (tengah) berbaur  dalam senam massal dalam rangka peringatan Hari Buruh Sedunia 2019.(Foto: oro)

KOTA MUNGKID – Ratusan buruh dan pengusaha merayakan peringatan Hari Buruh Sedunia di Halaman Setkab Magelang, Rabu (1/5), dengan senam bersama. Ikut senam Wakil Bupati  Edi Cahyana. Kegiatan itu diselenggarakan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) bersama Pemkab Magelang.

“Semoga kegiatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan gerak langkah antara buru/pekerja dengan pengusaha dan pemerintah,” kata Bupati Zaenal Arifin  melalui wabup.

Menurut dia, problem tenaga kerja harus selalu dipikirkan secara bersama-sama, khususnya oleh seluruh stake holder terkait, melalui hubungan kerja sama yang baik antara perusahaan, pemerintah, swasta dan masyarakat.

Ia mengharapkan, hubungan perusahaan dan buruh selalu harmonis, seiring sejalan sehingga dapat terjadi simbiosis mutualisme. Diingatkan, perkembangan teknologi dan penyesuaian gaya hidup masyarakat sebagai dampak perkembangan IT (informasi dan teknologi) hendaknya menjadi perhatian serius para pekerja atau buruh.

“Tren ke depan, akan banyak sektor kerja yang akan diambil alih oleh mesin, sehingga mengurangi tenaga manusia. Hendaknya para buruh dan pekerja siap bersaing dan berkompetisi di era milenial dan digitalisasi,” tuturnya.

Ia mengatakan, peringatan Hari Buruh Sedunia  dapat menjaga iklim investasi dengan menjaga ketertiban dan keamanan, sehingga tingkat kepercayaan investor dapat semakin kuat.

Suarabaru.id/oro