blank
Donny van de Beek/dok

LONDON – Mendominasi dan membawa pulang kemenangan. Itu yang dilakukan Ajax Amsterdam di markas Tottenham Hotspur. De Godenzonen unggul 1-0 atas Spurs pada semifinal leg pertama Liga Champions di Stadion Tottenham Hotspur, London, Rabu (1/5) dini hari WIB. Gol tunggal dicetak gelandang Donny van de Beek pada menit ke-15. De Amsterdammers menominasi dalam 45 menit pertama. Meski The Lilywhites bangkit pada paruh kedua, tim tamu bermain solid dalam bertahan sehingga tak kebobolan.

Pelatih Ajax Erik ten Hag memuji performa Matthijs de Ligt dan kolega. Performa impresif itu membuat kemenangan atas Tottenham terasa lebih spesial. “Kami bertahan dengan mengesankan. Kami punya tim yang bisa bekerja dan bertarung bersama-sama dengan sangat baik,” ujar Ten Hag. Dia mengingatkan skuadnya agar tak kendur pada pertemuan kedua di Johan Cruyff Arena, Kamis (9/5) dini hari WIB. Pria berkepala pelontos ini menyatakan puas dengan satu gol di tangan.

Di kubu Spurs, manajer Mauricio Pochettino mengakui salah dalam menerapkan taktik. Dia menilai skema 4-4-2 berjalan lebih baik daripada pola 3-5-2. Masuknya Moussa Sissoko menggantikan Jan Vertonghen membuat Si Lili Putih mampu menyulitkan lawan. “Kami kurang berenergi dan sedikit ceroboh. Pendekatan kami terhadap pertandingan tidak bagus. Saya manajernya, jadi saya yang bertanggung jawab,” ungkap Pochettino. Pelatih asal Argentina itu belum menyerah. Dia optimistis laga kedua nanti Hugo Lloris dan kawan-kawan bisa lebih trengginas di lapangan. (rr)