blank
Bersalaman : Kapolres Grobogan bersalaman dengan salah satu peserta MOP dalam kegiatan KB Kes Bhayangkara di RSUD dr Soedjati Purwodadi, Selasa (30/4). Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Sebanyak 50 orang yang terdiri dari 7 pria dan 43 wanita mengikuti KB Kontrasepsi Mantap (Kontap). Kegiatan ini merupakan program KB Kes Bhayangkara yang diselenggarakan Polres Grobogan bekerja sama dengan RSUD dr Soedjati Purwodadi dan Dinas P3AKB. Kegiatan tersebut dilaksanaan di Aula RSUD dr. Soedjati, Selasa (30/4).

Dengan penanganan medis dari RS Panti Waluyo dan tim dokter RSUD dr. Soedjati, para pria melaksanakan Medis Operasi Pria (MOP) berupa vasektomi dan MOW atau Medis Operasi Wanita berupa Tubektomi. Kedua operasi ini merupakan tindakan membatasi keturunan dalam jangka waktu yang tidak terbatas dan dilakukan atas permintaan pasangan suami istri secara sukarela.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq. Menurut Kapolres, kegiatan ini dimaksudkan guna membantu pasangan atau perorangan dalam mencapai tujuan reproduksinya secara bertanggung jawab dalam rangka membangun keluarga kecil, sehat dan berkualitas dengan memperhatikan dan menghargai hak-hak reproduksi seseorang dalam mengatur jumlah dan jarak kelahiran.

blank
Pantau Pelaksanaan MOP : Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq memantau pelaksanaan Medis Operasi Pria (MOP) berupa vasektomi yang dilakukan tim medis. Foto : Hana Eswe.

“Prinsip kehidupan orang pada jaman dulu banyak anak akan banyak rezeki. Namun, kalau diterapkan pada ra sekarang, banyak anak akan mengalami banyak permasalahan. Karena itu, kami mengajak kepada warga untuk ikut menyukseskan pelaksanaan giat KB kes dengan mengikuti program pemerintah yakni Keluarga Berencana atau KB ini,” jelas Kapolres.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat. Salah satunya Jaelani. Menurut warga Purwodadi tersebut, ia bersama istrinya secara sukarela untuk ikut MOP.

“Saya lakukan ini karena istri saya sakit diabetes. Jadi saya ikut dalam program tersebut,” kata Jaelani.

suarabaru.id/Hana Eswe.