blank
Virgil van Dijk/dok

LONDON – Virgil van Dijk resmi memenangi prestasi tertinggi dalam kariernya selepas dinobatkan jadi Pemain Terbaik versi Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA) musim 2018-2019. Van Dijk (27) mengalahkan Raheem Sterling (Manchester City) dan Eden Hazard (Chelsea). Dia menjadi pemain The Reds kedua beruntun yang merebut penghargaan ini. Musim lalu gelar itu diraih Mohamed Salah. “Saya pikir ini adalah penghargaan tertinggi yang bisa Anda dapatkan, karena pemain terpilih hasil dari pemungutan suara para pemain yang Anda lawan setiap pekan,” tutur Van Dijk.

Sterling (24) tak pulang dengan tangan kosong. Dia menyabet penghargaan Pemain Muda Terbaik setelah mencetak 17 gol plus 10 assist dalam 31 penampilan musim ini. Van Dijk memang pantas dianugerahi titel PFA Player of The Year 2019. Berkat performanya yang konsisten, lini belakang Si Merah sulit ditembus. Di Premier League, sejauh ini Anfield Gank hanya kalah sekali. Van Dijk bergabung pada Januari 2018 dari Southampton. Banderol sebesar 75 juta euro (sekitar Rp 1,3 triliun) membuatnya menjadi bek termahal di dunia.

Manajer Liverpool Juergen Klopp mengaku bahagia dengan pencapaian bek tengah itu. Pelatih asal Jerman ini menilai Van Dijk sudah matang sebelum bergabung ke Anfield. “Siapa yang menyangka ini ketika dia masih di Belanda? Saya rasa tak semua orang melihat potensi yang tersembunyi di tubuh besarnya,” ungkap Klopp.

Dia menegaskan sekarang seluruh dunia tahu kehebatannya. Eks pelatih Borussia Dortmund ini sangat senang berada di sekitar perkembangan itu. “Semuanya berjalan baik. Dari momen pertama, saya antusias punya kesempatan bekerja sama dengannya,” ujar Klopp.

Van Dijk kini diharapkan bisa memberi trofi untuk The Reds. Si Merah masih berpeluang meraih gelar di Premiership dan Liga Champions. Di liga, The Kop bersaing ketat dengan The Citizens. Sementara di Champions League, Jordan Henderson dan kolega bersua Barcelona pada semifinal. Pada semifinal leg pertama, Barca akan menjadi tuan rumah pada pertandingan Kamis (2/5) dini hari WIB. Van Dijk amat menantikan duelnya melawan Lionel Messi. (rr)