blank
Kawasan Jalan Genie Tentara pelajar di Kampung Sanden, Kelurahan Kramat Selatan, yang ditetapkan sebagai lokasi penambahan CFD, (Humas Permkot Magelang)

 

MAGELANG- Pemkot Magelang dalam waktu dekat akan menambah  lokasi car free day (CFR). Selama ini lokasi CFD di Rindam IV/Diponegoro. Rencana akan ditambah sebuah lagi di sekitar GOR Samapta, Jalan Genie Tentara Pelajar, Sanden, Kelurahan Kramat Selatan.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Magelang Candra Wijatmika Adi menerangkan, awalnya CFD diselenggarakan di seputaran Alun-alun Kota Magelang. ‘’Kemudian dipindah ke Rindam IV/Diponegoro karena di alun-alun banyak tempat yang urgen. Antara lain terdapat Masjid Agung, gereja dan kelenteng,’’ tuturnya, Senin (29/4).

Dia menuturkan, pertumbuhan ekonomi CFD di Rindam IV/Diponegoro sudah bagus. Pedagang yang berjualan di tempat itu mencapai 200 orang. Dampak dari itu, untuk olah raga sudah tidak leluasa karena jalan penuh pedagang. Kecuali  olah raga di dalam lapangan Rindam.

‘’Tujuan CFD untuk mengurangi polusi. Ternyata di Kota Magelang bisa menumbuhkan uaha mikro kecil menengah (UMKM),’’ tuturnya.

Karena di Rindam IV/Diponegoro sudah penuh pedagang, lanjut Candra,  maka pemkot menambah sebuah lagi CFD di sekitar GOR Samapta Sanden.  Untuk lokasi olahraga di GOR Samapta, sedang tempat parkir kendaraan di Stadion Moch Subroto.

Candra menerangkan, untuk penyelenggaraan CFD di Rindam,  Pemkot Magelang memfasilitas 15 kali dalam setahun dibiayai APBD. ‘’Kalau saat ini kegiatannya menjadi seminggu sekali setiap hari Minggu, namanya bukan CFD tapi Sunday morning. ‘’Bedanya pada Sunday morning kendaraabn bisa masuk ke lokasi tersebut,’’ terangnya.

Dia menambahkan, untuk CFD di GOR Samapta yang juga dilaksanakan hari Minggu, Pemkot Magelang membiayai hanya lima kali. Jalan yang ditutup adalah Jalan Jeruk dan Jalan Genie Tentara Pelajar. (hms)

Editor : Doddy Ardjono