blank
Pimpinan Fakultas dan Universitas memberikan pembekalan sebelum mengikuti prosesi wisuda ke 77

SEMARANG – Unissula mengadakan pembekalan bagi 1.502 calon wisudawan D3 dan S1 periode 77 yang dilangsungkan di auditorium kampus Kaligawe (23-24/4). Para narasumber yang mengisi antara lain Gita Aulia Nurani MPsi Psi dan Arrumaisha Fitri MPsi Psi dari ECC UGM, Indrawan YP, dan budayawan Prie GS.

Menurut Gita Aulia untuk memasuki dunia kerja para wisudawan muda butuh banyak strategi “Banyak strategi, yang penting jangan bingung. Yang harus diperhatikan ketika melamar, perusahaan pasti punya kualifikasi yang wajib dipenuhi. Perhatikan kualifikasi itu. Kalau tidak memenuhi kualifikasi cari peluang lain. Sebab perusahaan akan cari lulusan yang sesuai dengan lowongan yang mereka butuhkan saja” jelas Gita Aulia.

Masih menurut Aulia yang perlu diperhatikan adalah melalui semua proses termasuk membuat curikulum vitae. Agar diperhatikan dan punya keunggulan, maka harus beda. Sehingga pengalaman dan kelebihan harus ditonjolkan, jangan standar.

Sementara itu Arrumaisha Fitri MPsi Psi dari EEC menambahkan, saat mencari kerja coba menulis kelebihan dan skill yang dimiliki. Termasuk pengalaman organisasi dan lainnya yang menambah nilai plus, seperti kemampuan berbahasa asing dan pengalaman internasional dan lainnya. Langkah lain adalah mempromosikan diri sendiri, lewat media sosial.

Diakui, eksplorasi diri sangat penting mengingat persaingan mendapat kerja sangat ketat. Sedikitnya 600.000-an lulusan perguruan tinggi di Jateng saja dihasilkan pertahunnya, belum lagi jika nasional.

Sementara itu Indrawan YP menilai bahwa saat ini banyak orang yang sebenarnya potensinya besar tapi tidak bisa sukses karena ia tidak sungguh sungguh memperjuangkan cita citanya sehingga ia hidup jauh dibawah dari potensi yang sebenarnya. Hal lain yang membuat banyak orang hanya hidup rata rata saja karena banyak orang tak mampu mengidentifikasi dirinya sendiri “Kebanyakan orang tak mampu mengidentifikasi dirnya sendiri contohnya kemampuannya apa? keahliannya apa? Padahal kalau ia tahu dan fokus untuk mengembangkannya akan menjadi pribadi yang kompeten dan punya spesialisasi yang unik”. Ungkap pendiri ponpes Lembah Manah tersebut.

Sementara itu Prie GS menyemangati para calon wisudawan untuk meningkatkan kasih sayang dan kedekatan kepada orang tua masing masing. “Memperbaiki hubungan baik dengan ibu dan ayah kita harusnya menjadi agenda penting dari masing masing kita terlebih bagi para mahasiswa yang masih memiliki masa depan yang sangat panjang. Jika hubungan kita dengan orang tua harmonis yakinlah banyak kesuksesan yang akan datang karena dengan berbakti kepada kedua orang tua hidup kita akan diberkati” ungkap Prie GS

Sementara itu Wakil Rektor III Unissula M Qomaruddin MSc PhD dalam sambutan pembukaan acara mengingatkan pentingnya para calon wisudawan untuk senantiasa mengamalkan nilai nilai Islam dalam kehidupan yang semakin kompleks ini. “Dikampus Unissula para mahasiswa sekalian telah dibekali dengan pendidikan yang kental dengan nilai nilai budaya Islam maka menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua untuk senantiasa terikat untuk senantiasa mengamalkan yang telah kita pelajari” Ungkapnya.(SuaraBaru.id)