Bagikan
Kepala Kantor UPPD atau Kantor Samsat Wonosobo Joko Santoso Raharjo MM melakukan sosialisasi pembayaran pajak sambil melakukan kegiatan "Jumat Berbagi" pada opang dan ojol yang ada di Wonosobo. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Jajaran Kantor Unit Pelayanan Pajak Daerah ((UPPD) atau Kantor Samsat Wonosobo, Jumat (26/4), menggelar acara “Jum’at Berbagi” di berbagai sudut kota di Wonosobo. Kegiatan bakti sosial ini menyasar ke tukang ojek pangkalan (opang) dan ojek online (ojol) yang biasa beroperasi di wilayah kota pegunungan ini.

Sejak pagi, selepas apel, pimpinan dan beberapa pejabat serta karyawan UPPD atau Kantor Samsat Wonosobo keluar kantor menuju pangkalan ojek Taman Makam Pahlawan, pangkalan ojek Simpangan Madukoro dan pangkalan ojek Pertigaan Pagude Sidojoyo untuk menemui para opang.

Setelah menyambangi para opang di beberapa tempat di pinggiran kota Wonosobo, pasukan “Jum’at Berbagi” Samsat Wonosobo beralih mendatangi sejumlah titik tempat mangkal ojol yang punya uniform jaket berwarna hijau dan hitam itu di Jl Soekarno Hatta Wonosobo.

Untuk apa? Ya, melalui gelar “Jum’at Berbagi”, jajaran Kantor UPPD atau Samsat Wonosobo membagikan 60 paket nasi bungkus beserta minuman untuk sarapan pagi ke beberapa opang dan ojol setempat. Kebetulan, saat ini, banyak opang dan ojol yang masing mangkal di tempat masing-masing.

Kepala Kantor UUPD atau Kantor Samsat Wonosobo Joko Santoso Raharjo MM mengatakan acara “Jumat Berbagi” merupakan bentuk kepedulian dan media komunikasi jajaran Kantor UPPD atau Kantor Samsat Wonosobo terhadap pelaku opang dan ojol di kota dingin ini.

“Apa yang diberikan Kantor UPPD atau Kantor Samsat Wonosobo kepada para opang dan ojol memang tidak seberapa. Tapi melalui kegiatan sosial ini kami ingin berbagai sekaligus menyapa para pelaku jasa transportasi roda dua di Wonosobo tersebut,” katanya.

Selain membagi paket nasi bungkus untuk sarapan, imbuh Joko, dalam kegiatan tersebut, Kantor UPPD atau Samsat sekaligus melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat agar melakukan pembayaran kendaraan bermotor sebelum masa jatuh tempo.

“Di luar kegiatan sosialisasi langsung kepada para opang dan ojol, pihak Kantor UPPD atau Kantor Samsat Wonosobo juga menyebar brosur informasi pembayaran pajak kendaraan bermotor di 15 Kecamatan dan beberapa Desa/Kelurahan yang ada di Wonosobo,” tandasnya.

Samsat Keliling

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Pajak Kendaraan Bermotor Hj Bungsu Ambar Arum Wibowo S STP MSi mengatakan guna terus menggalakan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu, pihaknya juga menggeber program Samsat Car Free Day.

“Samsat Car Free Day dilakukan setiap hari Minggu pagi mulai jam 06.00 hingga pukul 09.00 di Alun-Alun Wonosobo. Melalui kegiatan ini diharapkan informasi seputar kententuan pembayaran pajak kendaraan bermotor akan semakin meluas,” tegasnya.

Dalam acara Samsat Car Free Day, tambah Ambar, pihak Kantor UPPD atau Kantor Samsat Wonosobo menerjunkan tim khusus untuk menyebar brosur dan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat yang saat ini berada di seputar Alun-Alun setempat.

Menurut mantan Kasi Informasi dan Pemberitaan Bagian Humas, Umum dan Protokol Setda Wonosobo itu, syarat pembayaran kendaraan bermotor khusus untuk pengesahan STNK ulang  1 tahun, meliputi STNK asli, notis pajak asli dan KTP/SIM/KK sesuai di STNK.

“Sedang syarat untuk perpanjangan atau penggantian STNK 5 tahun antara lain ; STNK, notis pajak, KTP/SIM/KK asli, foto copi BPKB, bukti hasil cek fisik kendaraan bermotor (nomer rangka dan mesin) dan formulir SPOPD dan mengisi surat permohonan registrasi kendaraan bermotor (SPRKB)”, tandasnya.

Adapun jadwal operasional Samsat Keliling, ditambahkan Ambar, mulai jam 09.00 sampai pukul 12.00 di Kantor Kecamatan Sapuran (Senin), Kertek (Selasa), Kaliwiro (Rabu), Wadaslintang (Kamis), Garung (Jumat) dan Leksono (Sabtu). Khusus hari Jum’at dan Sabtu pelayanan hanya sampai jam 11.00.

“Jadwal operasional Samsat Siaga pada hari Senin di Kantor Desa Dieng Kejajar (jam 09.00-11.00) dan Kantor Kecamatan Kejajar (pukul 11.00-13.00), hari Selasa di Kecamatan Watumalang (09.00-12.00) dan hari Rabu di Kantor Kecamatan Kepil (jam 09.00-12.00),” tambahnya.

Pelayanan hari Kamis, terang Ambar, ada di Kantor Desa Garung Butuh Kalikajar (08.00-10.00) dan Kantor Kecamatan Kalikajar (11.00-13.00), hari Jum’at di Kantor Kecamatan Sukoharjo (08.00-09.00) dan di Kantor Kecamatan Mojotengah (09.00-11.00) serta hari Sabtu di Kantor Kecamatan Kalibawang (09.00-11.00).

“Program operasional Samsat Keliling dan Samsat Siaga dibuka guna mendekatkan pelayanan kepada pembayaran pajak kendaraan bermotor. Selain itu juga untuk mengurangi antrian panjang di Kantor UPPD atau Kantor Samsat Wonosobo karena setiap hari jumlahnya membludak”, tegas Ambar.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here