blank
Kapolsek Ceper Polres Klaten AKP Mohamad Ismail tengah menyerahkan kacamata baca bantuan PT KAI Daop 6 Yogyakarta kepada siswa SD Jambu Kulon dalam pengobatan gratis di Stasiun Ceper Klaten, Kamis (25/5) (Adji W)

KLATEN -Suasana berbeda berlangsung di Stasiun Kereta Api (KA) Ceper Kabupatan Klaten, Kamis (25/5). Menyusul berlangsungnya bakti sosial yang digelar PT KAI Daop 6 Yogyakarta berupa pengobatan gratis bagi warga masyarakat yang tinggal di sekitar stasiun KA. Layanan  kesehatan gratis yang berlangsung sehari jauga diwarnai penyerahan bantuan kacamata  baca bagi puluhan siswa sekolah dasar (SD)

Pantauan Suarabaru.id di Stasiun Ceper Kab. Klaten mengungkapkan, kegiatan bakti social dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Sejumlah warga terlihat mulai mendaftarkan diri untuk turut serta dalam pengobatan gratis.

Usai dicatat nama dan alamat  berikut keluhan yang diderita serta dipindai tekanan darahnya oleh petugas, penderita dipersilahkan naik ke gerbong Rail Clinic yang tersedia. Pada tempat disebut terakhir inilah, warga menjalani proses pengobatan oleh dokter berikut pemberaian obat yang dibutuhkan . Di sisi lain, pada kesempatan sama juga diserahkan bantuan puluhan kacamatan baca bagi siswa sekolah dasar .

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto ketika ditemui di sela acara menyatakan, kegiatan bakti social digelar bersama pemerintah daerah setempat dengan mengundang 400 warga masyarakat untuk mendapat layanan kesehatan  gratis. Pada kegiatan selama sehari sejak pukul 08.30 WIB juga diserahkan  bantuan berupa kacamata baca bagi 50 siswa Sekolah Dasar Negri I Ceper dan  Jambu Kulon.

Pelayanan kesehatan Gratis dengan Rail Clinic sudah menjadi program  rutin PT KAI, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar jalur KA.. Adanya layanan Rail Clinic ini dapat membantu meningkatkan kesehatan  serta minat baca masyarakat sekitar  stasiun. Sekaligus  menjadikan masyarakat semakin mencintai kereta api dengan lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan KA.

blank
Seorang warga tengah diperiksa giginya oleh dokter dalam pengobatan gratis yang digelar PT KAI Daop 6 Yogyakarta di Stasiun Ceper Klaten, Kamis (25/5) (Adji W)

Mengenai Rail Clinic merupakan rangkaian kereta api terdiri empat gerbong. Dua gerbong digunakan untuk memberikan layanan kesehatan serta sisanya diperuntukkan sebagai perpustakaan (Rail Library). Layanan kesehatan dalam Rail Clinic meliputi pemeriksaan umum, gigi,cek kehamilan, mata, pemeriksaan laboratorium berikut layanan kefarmasian.

Sedangkan dalam rail library terdapat perpustakaan  manual dengan beragam buku bacaan dari anak hingga dewasa. Juga tersedia fasilitas  e-library, jelasnya sembari menambahkan sehari sebelumnya juga digelar kegiatan pengobatan gratis di Stasiun Sentolo , Kulonprogo, DIY.

Pada kesempatan terpisah  Artika Riyani (8) siswa SDN Jambu Kulon Kecamatan Ceper Kab Klaten penerima bantuan kacamata menyatakan terikasih  kepada PT KAI. Dikatakan, dirinya bisa melihat  lebih jelas tulisan  pada buku setelah  menggunakan kacamata, tuturnya sembari menambahkan selain dirinya sejumlah teman satu sekolah juga mendapatkan bantuan serupa.

Suarabaru.id/adji w