blank
Cabor Karate mempertandingkan tiga belas kelas usai POM Rayon di UKSW di Balairung Universitas,  Selasa (23/4) pagi. Foto : Ernawaty

SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali dipercaya menjadi penyelenggara Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Rayon I Jawa Tengah Tahun 2019. Pada POM Rayon kali ini, UKSW menjadi tuan rumah dua cabang olah raga (cabor) yakni Karate dan Tenis Lapangan.

POM Rayon di UKSW secara resmi dibuka oleh Pembantu Rektor IV UKSW Joseph Ernest Mambu, S.Pd., M.A., Ph.D., Selasa (23/4) pagi di Balairung Universitas. Joseph mengapresiasi positif gelaran pekan olahraga bagi mahasiswa yang mempertemukan peserta dari berbagai universitas di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, Salatiga, Grobogan, Demak, Kudus, Jepara, Pati, Rembang, dan Blora tersebut.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang pembuktian kemampuan penguasaan diri dan bukan hanya sekedar unjuk kekuatan. POM juga diharapkan menjadi sarana olah raga dan olah pikir sesuai dengan karakter yang diperlukan dalam pendidikan Indonesia.

“Di sini kita bisa bertemu dengan rekan-rekan perwakilan universitas lainnya, semoga dapat memupuk semangat solidaritas, meningkatkan persaudaraan serta menjunjung sportivitas. Siapa pun juaranya, bisa mewakili rayon di tingkat provinsi bahkan hingga nasional,” pesan Joseph.

Usai pembukaan oleh Pembantu Rektor IV UKSW, ditempat yang sama dilanjutkan dengan pertandingan cabor Karate. Sementara pertandingan cabor Tenis Lapangan diselenggarakan di GOR Kridanggo Salatiga.

Cabor karate mempertandingkan tiga belas kelas untuk 2 kategori yakni Kata dan Kumite yang diikuti oleh perwakilan Akademi Pelayaran Niaga Indonesia, IAIN Kudus, IAIN Salatiga, Politeknik Negeri Semarang, STIE Bank BPD Jateng, STIMART AMNI Semarang, STIKES St. Elisabeth, UNTAG Semarang, UDINUS Semarang, Unika Soegijapranata, Universitas Diponegoro, UKSW, UMK, UNNES, Universitas Ngudi Waluyo, Universitas PGRI Semarang, Universitas Semarang, Universitas Wahid Hasyim, serta UIN Walisongo.

Sementara itu, untuk cabor tenis Lapangan dipertandingkan lima kategori yakni Tunggal Putra, Tunggal Putri, Ganda Putra, Ganda Putri serta Ganda Campuran.  Adapun para peserta berasal dari Unika Soegijapranata, Universitas Diponegoro, UKSW, Universitas Ngudi Waluyo, Politeknik Negeri Semarang, UMK, STIMART AMNI Semarang, Universitas PGRI Semarang, serta UNNES.

Ditemui usai pembukaan, Tim Penalaran dan Humanistik UKSW yang diwakili oleh Michael Bezaleel Wenas, S.Kom., M.Cs., menuturkan dalam gelaran POM Rayon I kali ini UKSW mengirimkan lebih dari seratus atlet terpilih di 15 cabor dari 22 cabor yang dilombakan.

“UKSW ikut di ajang Atletik, Tenis Meja, Catur, Tarung Drajat, Basket, Futsal, Voli, Badminton, Karate, Pencak Silat, Tenis Lapangan, Taekwondo, Renang, Panjat Tebing, dan Anggar. Total lebih dari 150 atlet serta official,” terangnya.

Michael menyebut hingga saat ini UKSW telah meraih enam medali.. Yakni, dua medali emas dari cabor pencak silat dan catur, dua medali perak dari cabor pencak silat dan tarung drajat.

Selain itu, ada juga dua medali perunggu dari pencak silat dan catur. “Dari kompetisi yang digelar pada 22 April hingga 2 Mei ini UKSW menargetkan dapat meraih 25 medali serta maju ke POMPROV,” tandasnya.

Suarabaru.id/Erna