blank
Suasana menjelang pelaksanaan USBN di SD 1 Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Para murid diajak berdoa bersama Kepala Sekolah yang dimonitor pula oleh personel Babinsa.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Sebanyak 27.040 siswa di Kabupaten Wonogiri, mulai Senin (22/4) secara serentak menjalani Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Perinciannya, sebanyak 13.354 siswa dari 143 SMP/MTs, dan sebanyak 13.686 siswa dari 819 SD/MI. Untuk siswa SMP/MTs menjalani UN selama 4 hari, dan bagi para murid SD menjalani USBN selama 3 hari, semuanya terhitung sejak Senin (22/4).

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pidekso Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Sertu Bejo Sariyono, Senin (22/4), ikut memonitor pelaksanaan USBN di SDN 1 Pidekso Kecamatan Giriwoyo yang diikuti sebanyak 15 murid. SD 1 Pidekso dipimpin Kepala Sekolah (Kasek) Heni Prayitno. Tampil sebagai Pengawas di SD 1 Pidekso, Pawit Pratestyono (Guru dari SDN Gedongrejo) dan Aris Dwi Laksito (dari SDN 3 Tukulrejo). Pelaksanaan USBN berjalan baik dan lancar, tanpa diwarnai adanya kebocoran soal maupun kunci jawabannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wonogiri, Siswanto, menyatakan, untuk UN jenjang SMP/MTs dipilah menjadi dua. Yakni para siswa yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diikuti sebanyak 1.206 siswa dari 100 sekolah. Perinciannya sebanyak 9.115 siswa di 77 SMP dan sebanyak 1.206 siswa di 23 MTs. Kemudian yang mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) diikuti sebanyak 3.033 siswa dari 43 SMP.

UNKP dilaksanakan, karena sekolah tidak memiliki perangkat komputer. Bagi para murid dari sejumlah SMP/MTs yang di sekolahnya belum memiliki perangkat komputer, ada yang berusaha menjalani UNBK dengan cara menumpang ke SMK/SMA terdekat yang memiliki laboratorium komputer. Sebagaimana yang terjadi di Kecamatan Jatiroto misalnya, ada empat sekolah terdiri atas tiga SMP dan satu MTs, yang murid-muridnya menjalani UNBK dengan cara menumpang di laboratorium SMK Negeri 1 Jatiroto. Hal ini terlaksana, berkat adanya jalinan kerjasama dan kepedulian dari SMK Negeri 1 Jatiroto yang memiliki peralatan komputer lengkap.

Untuk UN jenjang SMP/MTs berlangsung selama 4 hari mulai Senin (22/4) sampai dengan Kamis (25/4). Mata pelajaran yang diujikan, meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Untuk USBN jenjang pendidikan SD/MI digelar selama 3 hari, yakni mulai Senin (22/4) sampai dengan Rabu (24/4), dengan mata pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

suarabaru.id/bp