blank
Kapolda Irjen Condrokirono bersama warga ketika melakukan kunjungan di Desa Kemiri, Kecamatan Kebakramat, Karanganyar. (gambar : Suti Hapsoro)  

KARANGANYAR—Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condrokirono dan Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi mengunjungi Desa Kemiri, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk cek dan melihat langsung kekompakan TNI dan Polri berikut partisipasi masyarkat setelah digelar pesta demokrasi.

Selain melihat kekompakan aparat, kunjungan itu untuk memastikan situasi aman dan masyarakat kembali beraktivitas seperti biasanya.

Sebelum ke Desa Kemiri, Kebakkramat, Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro salat duhur berjamaah di Masjid Al Fitroh. Sebagai imam, masjid yang lokasi berdekatan dengan kantor kecamatan adalah Kapolda Jateng. Dilanjutkan berbicang sebentar dengan masyarakat setempat. Kemudian rombongan menuju Kantor Balai Desa Kemiri, Kecamatan Kebakkramat.

Dua pucuk pimpinan itu  menyalami semua anggota Polisi dan TNI yang telah bertugas dengan baik di TPS dan di PPK. “Saya dan Pangdam mengecek kebersamaan antara TNI dan Polri dalam semua aktivitas di Karanganyar ini sangat baik. Baik itu di TPS, di PPK sampai patroli untuk mengamankan warga terlihat selalu bersama,” papar Kapolda, Condro Kirono, di sela sela kunjungan di Balai Desa Kebakkramat, Kamis, (18/04).

Kapolda menyatakan dalam pantuannya, terlihat masyarakat sudah kembali beraktivitas seperti sedia kala. Meskipun berbeda pilihan, namun tampak penuh dengan persaudaraan. Bagi yang menang, pihaknya meminta tidak ada uforia berlebihaan. Sebab semua ini untuk NKRI.

“Tidak ada gangguan keamanaan yang menonjol dan masyarakat sudah kembali seperti sedia kala beraktivitas,” imbuhnya.

Sementara Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI M Effendi mengatakan secara umum wilayah Jawa Tengah dan Jogjakarta aman dan tertib. Masyarkat sudah lebih dewasa, lebih mengerti dan proses demokrasi berjalan dengan baik. Pihaknya hanya menghimbau untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan pasca pileg dan pilpres.

“Saya sudah sampai beberapa daerah pasca pemilu ini. Mereka sepakat tetap menjaga ukhuwah atau persatuan. Yang jelas tidak ada gangguan keamanan dan semua berjalan tertib,” tegasnya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan berterima kasih atas kunjungan tersebut. Menurutnya Karanganyar tetap guyub rukun dan tidak ada gejolak apapun berkaitan dengan pemilu. Semua berjalan aman dan masyarakat sudah kembali melakukan aktivitas.

“Seperti tidak terjadi apa-apa pasca pencoblosan ini. Semua berjalan normal kembali dan masyarakat damai sejahtera,” pungkas Juliyatmono.

suarabaru.id/hap