blank
KOTAK SUARA : Logistik kotak suara yang di dalamnya terdapat dokumen hasil Pemilu 17 April 2019, kini bergeser di PPK untuk dilakukan rekapituasi, Jumat (19/4). Foto : Wahono/

BLORA — Meski coblosan dan penghitungan suara di TPS telah tuntas, personil Polres, TNI Kodim, dan Linmas, Kamis (18/4), tetap fokus dan siaga melakukan pengamanan logistik Pemilu 2019

Hanya saja, pengamanan tidak lagi di 2.950 tempat pemungutan suara (TPS) dan sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 295 desa-kelurahan, namun bergegeser di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Logistik hasil Pemilu 2019 sudah bergeser ke kecamatan, kami tetap fokus pengamanan di sekretariat PPK,” tandas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang.

Dijelaskan, pengamanan di Sekretariat PPK dilakukan hingga proses rekapitulasi tuntas, situasi benar-benar aman, dan logisitik Pemilu sudah bergeser ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Agar tahap rekapitulasi suara di tingkat kecamatan (PPK) berlangsung aman, lancar, dan kondusif, Kapolres akan menambah jumlah personil bertugas di 16 PPK.

“Fokus pengamanan sekarang di 16 sekretariat PPK bersama kawan-kawan TNI Kodim dan Linmas, personil juga kami tingkatkan,” tandas Kapolres AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto SIK, MH.

blank

Tingkat Kecamatan

Terpisah Ketua KPU setempat, Moh. Khamdun S.Pd.I, menjelaskan bahwa semua logistik Pemilu dari TPS sudah bergeser ke PPS, dan Kamis (18/7), semua sudah ditarik dan diamankan di PPK.

Dijelaskan, logistik yang kini berada di PPK adalah semua kotak suara dari TPS, selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan.

“Rekapitulasi di tingkat PPK, digelar serentak Jumat (19/4),” jelas Khamdun.

Ketua KPU Kabupaten Blora mengakui, dukungan keamananan personil Polres, TNI Kodim dan Linmas sangat luar biasa, sehingga Pemilu di kabupaten penghasil kayu jati berjalan aman, lancar, dan kondusif.

Diberitakan sebelumnya, warga Blora pemegang hak pilih Pemilu 2019 antusias datang ke TPS untuk mencoblos. Situasi kamtibmas hari H di kabupaten paling timur di Jateng aman, tertib, dan kondusif.

Kapolres AKBP Antonius Anang, Dandim 0721/Blora Letkol (Inf) Ali Mahmudi, dan sejumlah pejabat Pemkab Blora, tidak mau duduk manis. Mereka keliling dari satu lokasi ke TPS lainnya. (suarabaru.id/Wahono)