blank
Para jemaat membersihkan setiap sudut GKJ Purwodadi untuk mempersiapkan peringatan Catur Hari Suci yang mulai dilaksanakan pada Kamis (18/4) dengan ibadah Kamis Putih malam ini. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Menjelang catur hari suci yang akan diperingati umat Kristiani mulai Kamis (18/4), jemaat GKJ Purwodadi melaksanakan bersih-bersih gereja yang dimulai sejak Minggu (14/4) kemarin.

Kegiatan ini diselenggarakan Panitia Hari Besar Kristen (PHBK) dalam memperingati hari wafat dan kebangkitan Yesus Kristus yang jatuh pada Jumat (19/4) dan Minggu (20/4) esok.

blank

Ketua PHBK GKJ Purwodadi, Priyani mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari masa Pra-Paskah. Menurut dia, yang perlu dibersihkan selama masa prapaskah ini sebenarnya yang utama adalah hati. “Tetapi membersihkan raga juga penting. Termasuk dengan membersihkan gedung gereja,” kata Priyani.

Terlihat para jemaat yang mayoritas perempuan ini melakukan kegiatan bersih-bersih di setiap sudut gereja. Baik itu di dalam maupun di luar gereja. Rangkaian masa pra-Paskah ini juga dilaksanakan dengan berpantang atau berpuasa. Dengan berpantang atau berpuasa, kata Priyani, jemaat diajak untuk menghayati sengsara Yesus menjelang penyaliban.

“Bentuk dari pantangan atau puasa dalam kegiatan ini yaitu dalam bentuk sembako yang akan menjadi modal dalam pasar murah. Kegiatan ini dipusatkan di Dusun Ngrebo, Desa Kedungrejo, Purwodadi  pada Minggu Paskah tanggal 20 April 2019 nanti. Di samping itu kita juga mengadakan pengobatan gratis yakni Kineseoterapi di Ngrebo dan Piyak,” tambah Priyani.

Pihak panitia PHBK berharap dengan perayaan catur hari suci yang dijalani umat Kristiani ini, jemaat semakin menyadari pengorbanan Tuhan Yesus. “Kami berharap, seluruh jemaat dapat menyadari pengorbanan Tuhan Yesus sebagai juruselamat. Dengan melandaskan hidup penuh ungkapan syukur, laku hidup dan karakter Tuhan Yesus ini dapat menginspirasi hidup jemaat,” ucapnya.

blank
Membersihkan hati lebih utama, namun membersihkan raga juga penting. Salah satunya dengan kegiatan membakar sampah di pelataran parkir GKJ Purwodadi. Foto : Hana Eswe.

Petugas Siap

Berkaitan dengan persiapan menjelang Paskah, pihak kemananan juga sudah melakukan persiapan. Terutama pihak kepolisian. Hal tersebut dikatakan Kasat Sabhara Polres Grobogan AKP Djamrozie saat dikonfirmasi suarabaru.id.

“Semua anggota polres akan melaksanakan pengamanan, berkaitan dengan pengamanan dalam rangka pemilu maupun menjelang peringatan hari besar umat Kristiani pada Jumat (18/4) besok. Kami berharap semoga tetap aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Grobogan,” ujar AKP Djamrozie, Rabu (18/4).

suarabaru.id/Hana Eswe.

 

 

 

Petugas kemanan siap mengamankan tiap-tiap gereja jelang Kebaktian Jumat Agung (19/4) esok. Saat ini, mereka tengah menjaga keamanan di sekitar KPU Grobogan, Jalan S. Parman. Foto : Hana Eswe.