Bagikan
Personel TNI-Polri siap siaga melakukan pengamanan distribusi logistik pemilu serentak dari KPUD, PPK hingga PPS di seluruh Desa/Kelurahan se-Kabupaten Wonosobo. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Pelaksanaan pemilu serentak tinggal dua hari lagi. Saat ini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Wonosobo mulai mendistribusikan perlengakapan pemilu, berupa surat suara, kota suara dan perelengkapan pemilihan yang lain ke Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK).

PPK selanjutnya mengirimkan perlengkapan pemilu ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa/Kelurahan se-Wonosobo. Di kota pegunungan tersebut, ada 15 Kecamatan dan 265 Desa/Kelurahan. Sebelum pelaksanaan pemilu, semua perlengkapan pesta demokrasi dipastikan sudah selesai.

Sejumlah anggota TNI dari Kodim 0707/Wonosobo dan anggota Polri dari Polres Wonosobo tampak ikut mengawal pendistribusian perlengakapan pemilu serentak hingga sampai ke wilayah Desa/Kelurahan yang dituju. Petugas PPS dan PPK juga sudah menunggu untuk menerima logistik pemilu.

Anggota KPUD Wonosobo Yusi Arafah, Senin (15/3), mengatakan sampai saat ini pengiriman logistik pemilu berjalan lancar sesuai program yang telah ditentukan. Penyelenggara pemilu dari tingkat Kabupaten (KPUD) hingga PPS di Desa ikut mengawal distribusi perlengkapan pemilu.

Pihak Bawaslu hingga Petugas Pengawas Desa/Kelurahan (PPD), imbuh Yusi, juga ikut pengawasi jalannya distribusi logisltik hingga ke tingkat desa. Pengiriman perlengkapan pemilu ke desa terpencil dan terjauh yakni Desa Kumejing dan Lancar Kecamatan Wadaslintang juga berjalan lancar.

“Itu semua berkat kerja keras semua pihak yang terlibat, termasuk aparat keamanan, yakni personil TNI-Polris. KPUD sebagai penyelenggara pemilu menyampaikan rasa terima kasih kepada aparat keamanan yang telah mengawal logistik dari pusat hingga ke desa sehingga bisa berjalan aman dan lancar”, katanya.

Mantan anggota PPK Kecamatan Mojotengah itu menghimbau kepada seluruh masyarakat Wonosobo yang sudah mempunyai hak pilih agar pada Rabu Pahing (17/4) besok mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai undangan yang diberikan oleh petugas untuk memberikan suaranya.

“Surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemiluh untuk menggunakan hak pilihnya juga sudah diberikan kepada warga oleh petugas PPS di masing-masing Desa/Kelurahan. Surat undangan memuat nama pemilih dan Nomer Induk Kependudukan (NIK) yang bersangkutan”, ucap Yusi.

Selain itu, dalam surat undangan tercantum pula hari, tempat dan waktu pelaksanaan pemungutan suara, yakni Rabu Pahing, 17 April 2019, mulai jam 07.00 WIB hingga 13.00 WIB. Alamat sesuai tempat TPS itu berada di wilayah Kampung/Dusun/Lingkungan di masing-masing Desa/Kelurahan.

Petugas Siaga

Yusi menyebut, dalam surat undangan dicantumkan juga tata cara pemberian suara, yakni mencoblos satu kali pada surat suara Presiden dan Wakil Presiden yang memuat nomer, nama, foto pasangan calon dan tanda gambar partai politik pengusung dalam satu kotak suara.

“Mencoblos surat suara DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI yang memuat nomer dan tanda gambar partai politik, nama calon anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Propinsi, DPR RI. Juga mencoblos satu kali surat suara DPD RI yang memuat nomer, nama dan foto calon”, katanya.

Saat memberikan suara, pemilih menunjukan surat undangan, KTP-elektronik dan identitas lain yang masih berlaku. Bagi pemilih yang belum tercantum dalam dalam daftar pemilih tetap atau pemilih yang pindah TPS, maka akan masuk sebagai pemilih khusus dan diperbolehkan menggunakan hak pilihnya.

Dalam surat tersebut juga dicantumkan peringatan, jika seseorang dengan sengaja mengaku dirinya sebagai orang lain untuk menggunakan hak pilihnya atau memeberikan suaranya lebih satu kali, maka akan dipidana pemilu sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Kapten Chb Mariyanto Danramil 05/Kejajar yang ikut memantau pendistribusian logisltik pemilu di wilayahnya mengatakan untuk wilayah Kejajar yang sudah terdistribusikan adalah wilayah Desa Jojogan, Sikunang, Sembungan dan Surengede dengan lancar dan aman. Sedangkan Desalainnya masih terus dikirim sampai besok, Selasa (16/4).

Danramil 01/Wonosobo Kapten Inf Heru Utomo di wilayah Kecamatan Wonosobo yang sudah terdistribusikan meliputi Kelurahan Mlipak, Desa Pancurweningm, Kejiwan, Tawangsari dan Kalianget. Untuk pengiriman di wilayah Kecamatan Wonosobo merupakan wilayah yang terdekat.

“Selanjutnya Kelurahan Jlamprang, Desa Wonosari, Bomerto, Rojoimo dan Kelurahan Wonosobo Timur, Desa Sariyoso, Kramatan, Tlogojati, Wonosobo Barat, Pagerkukuh,  Bumireso, Wonolelo, Jaraksari dan Jogoyitnan sudah terkirim semua secara aman dan terkendali”, katanya.

Pihak personel TNI-Polri, Satpol PP dibantu anggota Linmas di masing-masing Desa/Kelurahan siap siaga melakukan pengamanan perlengkapan suara dari masa distribusi hingga pencoblosan, perhitungan hingga distribusi paska dilakukan perhitungan suara di PPS hingga PPK ke KPUD Wonosobo. SuaraBaru.id/Muharno Zarka

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here