blank
Wali Kota Yuliyanto saat memimpin apel luar biasa gelar pasukan Satlinmas Kota Salatiga berkesempatan meninjau dari dekat serta menjajal kendaraan roda dua sebagai sarana pengamanan pemilu tahun 2019, di Halaman Kantor Pemkot Kota Salatiga, Sabtu (13/4).

SALATIGA – Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengingatkan agar dalam Pemilu ini Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Salatiga juga harus netral. Terlebih saat ini banyak hoax dan hate speech yang bisa berpotensi menimbulkan konflik dan merusak pelaksanaan Pemilu tersebut.

Adapun, seluruh anggota Satlinmas yang ambil bagian dalam apel tersebut yakni 1.417 orang. “Dalam arti bukan tidak memilih melainkan tidak boleh berpihak kepada siapapun,” tandas Wali Kota Yuliyanto saat memimpin apel luar biasa gelar pasukan Satlinmas Kota Salatiga sebagai persiapan pengamanan pemilu tahun 2019, di Halaman Kantor Pemkot Kota Salatiga, Sabtu (13/4).

Kegiatan apel diikuti OPD terkait ini, juga ditampilkan sejumlah kendaraan yang akan digunakan Linmas dalam menjalankan tugasnya pacsa Pemilu 17 April 2019. Tak urung, Wali Kota berkesempatan menjajal kendaran roda dua sebagai sarana pengamanan.

Dalam apel luar biasa ini juga dilaunching “Siap Siaga” atau Satuan Tindak Cepat Penertiban Salatiga. Tugasnya adalah untuk melakukan reaksi cepat terhadap aduan masyarakat selama pelaksanaan Pemilu 2019.

Yuliyanto mengatakan, Satlinmas dituntut proaktif dan cepat mendeteksi kerawanan yang mungkin terjadi di dalam masyarakat. Hal ini sangat penting guna menjaga soliditas pelaksanaan Pemilu 2019 di kota Salatiga.

“Saya harap Satlinmas bisa proaktif, bisa mendeteksi, memperkuat komunikasi dan soliditas dalam menemukan potensi kerawanan selama pelaksanaan Pemilu. Kalau ada indikasi bisa cepat diredam dan dilaporkan,” ungkapnya.

Kegiatan apel ini diakuinya pula bertujuan menyiapkan peran Linmas yang tidak hanya membantu TNI Polri tapi juga memberi rasa aman, nyaman dan damai baik jelang, hari H hingga pasca pencoblosan di Kota Salatiga.

Satlinmas juga harus bisa menghadapi tantangan dengan mencegah hal-hal rawan sekaligus menjadi problem solver yang tidak berat sebelah dan mengedepankan musyawarah mufakat dalam penyelesaiaannya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Salatiga didamping Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris SS Msi, juga menyempatkan untuk mengecek pasukan Siap Siaga, yang terdiri dari Satpol PP, Dishub, dan Pemadam Kebakaran.

Suarabaru.id/Erna