Bagikan
DI GOR : Tumpukan logistik Pemilu DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten tersentral di GOR Mustika, Kota Blora. Foto : Wahono/

BLORA — Droping logistik Pemilu 2019 untuk 16 kecamatan (PPK) di Kabupaten Blora, ditarget tuntas pada Jumat (12/4), yakni dengan mengerahkan lima armada milik PT Pos Indonesia.

Wilayah yang jadi tujuan droping logistik terakhir (hari ketiga), ada di Blora barat, yakni untuk lima kecamatan, masing-masing Kecamatan Kunduran, Ngawen, Todanan, dan Japah.

Menurut Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Suharto, kecamatan di kawasan Blora timur seperti Cepu, Sambong, Kedungtuban, Kradenan, Jiken sudah beres.

Demikian juga dengan wilayah Blora tengah dan selatan, seperti Bogorejo, Kota Blora, Jepon, Banjarejo, Randublatung, Jati, dan Tunjungan, juga sudah beres pada Kamis (11/4) kemarin.

“Giliran wilayah Blora barat droping ditarget tuntas hari ini, meski harus lembur hingga dini hari besok,” tandas Suharto.

Dijelaskan, droping tahap pertama berupa logistik pemilihan umum (Pemilu) DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dengan menggunakan GOR Mustika sebagai sentral logistik.

PPK : Usai mengecek kelengkapan logisitik Pemilu 2019, sejumlah personil PPK membantu petugas dengan melakukan cek akhir untuk dinaikkan ke armada truk. Foto : Wahono/

Logistik Pilpres

Untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilres), tambah Suharto, droping ke 16 sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dimulai Sabtu (13/4).

“Proses droping lancar, pengaman dan pengawalan personil Polres luar biasa, terima kasih kami untuk semua pihak,” ungkap Sekretaris KPU Blora, Suharto.

Diberitakan sebelumnya, untuk kelancaran droping logistik, KPU menggandeng PT Pos Indonesia dalam hal sarana transportasi pengiriman. Untuk pengamanan dapat dukungan dari Polres Blora.

Selanjutnya (paling lama) pada H-1, jelasnya lagi, semua logistik kotak suara terkunci dan tersegel sudah berada di 2.950 tempat pemungutan suara (TPS) di 295 desa-kelurahan se-Blora.

Dalam kotak suara kardus transparan berbahan duplex tersebut, antara lain berupa tinta satu set, alas coblos empat buah, paku coblos empat buah, dan tali pengikat satu roll.

Selain itu ada karet pengikat satu set, kantong plastik transparan 10 buah, kabel ties segel kotak 10 buah, sampul kubus-biasa empat buah, segel 70 keping, form model C1 plano, C2, C3, C4, C5, dan belasan enis lagi logistik pemilu.

Untuk proses packing, KPU menggunakan GOR Mustika yang cukup luas, dan lebih mudah dalam mengelompokkan perkecamatan (per-PPK).

Perlu diketahui, hari coblosan akan digelar Rabu, 17 April 2019, yakni Pemilu serentak dan di setiap TPS disediakan lima kotak suara, dengan kartu suara yang berbeda warna. (suarabaru.id/Wahono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here