Bagikan
Para lansia ketika melakukan senam bersama di Pendapa Bupati Wonosobo, Rabu (10/4). Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Tak kurang dari 500 orang lanjut usia, Rabu (10/4) pagi, berkumpul di halaman Pendapa Bupati Wonosobo. Keceriaan dan semangat terlihat di wajah para sepuh yang rata-rata telah berada di rentang usia 60 ke atas tersebut.

Tak berlebihan bila pada pagi itu, mereka tampak begitu semangat, karena memang kehadiran mereka di pusat kota Wonosobo adalah demi merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -23 para lanjut usia di Wonosobo.

Hari Lanjut Usia Nasional (Halun), yang biasa diperingati setiap tahunnya, hari itu terasa lebih bermakna, karena di tempat itu, mereka diberikan kesempatan untuk unjuk kreasi dalam gelaran jambore lansia serta bersilaturahmi sesama lansia.

Bupati Wonosobo, Eko Purnomo SE MM mengatakan peringatan Halun merupakan momentum bagi anak untuk senantiasa memperhatikan keberadaan orang tua. Mereka perlu diperhatian kondisi kesehatan, kesejahteraan dan kebutuhan psikologisnya, sebagai bentuk perwujudan birul walidain.

“Untuk itu diperlukan upaya-upaya sinergis dan strategis melalui program-program yang pro-lanjut usia, dalam rangka memberdayakan lanjut usia, agar lebih sehat, produktif, kreatif, mandiri dan sejahtera di Kabupaten Wonosobo,” tegas Eko Purnomo.

Dikatakan Bupati Wonosobo, kaum lanjut usia juga memiliki peran dalam pembangunan, karena mereka selama ini telah membuktikan, usia lanjut tak lantas menghalangi kreatifitas dan semangat untuk menjaga kesehatan diri.

Aneka Lomba

“Sebelum puncak acara resepsi ini, beragam jenis lomba telah digelar. Dengan masih terjaganya semangat untuk berkompetisi dengan sesama lansia, kesehatan jiwa dan raga mereka juga selalu dalam kondisi yang prima,” papar Eko.

Kesehatan para lansia yang terjaga secara baik, menurutnya, perlu dilakukan. Pasalnya, mereka telah berperan membesarkan anak yang kini menjadi generasi bangsa dan hidup di masyarakat. Tanpa perjuangan orang tua anak tidak akan bisa apa-apa.

Senada dengan Bupati, Ketua Panitia Halun Ke-23, Muchson juga menyebut bahwa kesehatan lansia memang menjadi prioritas bagi pihaknya, sehingga berinisiatif untuk menggelar berbagai jenis kegiatan menyenangkan.

“Lansia memang kaum sepuh, namun kami berusaha untuk bisa menjaga kesehatan diri sebaik mungkin, serta tetap berkreasi dan berkesenian. Di masa tua, para lansia harus tetap sehat, semangat dan ceria sehingga bisa panjang umur,” kata Muchson.

Pada Jambore Lansia dalam rangka Halun ke-23 Kabupaten Wonosobo tahun 2019, setelah senam lansia bersama di pagi hari, acara di halaman Pendapa Bupati memang diisi dengan berbagai lomba, mulai dari Lomba senam lansia, lomba paduan suara dan lomba gobag sodor.

“Selain kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya, berupa lomba cerdas cermat, seminar, pemeriksaan kesehatan Geriatri,” pungkas Muchson.

Pada kesempatan itu Bupati dengan didampingi Wakil Bupati Ir H Agus Subagiyo MSi, yang juga selaku Ketua Komda Lansia Kabupaten Wonosobo, menyerahkan piala dan penghargaan kepada para pemenang lomba pada jambore lansia.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here