Bagikan
Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Temanggung mulai memasukkan logistik pemilu  seperti surat suara , alat coblos, bantalan untuk mencoblos, tinta, serta sejumlah dokumen, ke dalam kotak suara yang dilaksanakan di lapangan tenis indoor, Kowangan, Temanggung. Foto: Suarabaru.Id/Yon

TEMANGGUNG-  Sembilan hari menjelang masa pemungutan suara Pemilu 2019,  Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Temanggung kebut pengepakan logistik pemilu, dengan mulai memasukkan logistik pemilu  seperti surat suara, alat coblos, bantalan untuk mencoblos, tinta, serta sejumlah dokumen, ke dalam kotak suara.

“Untuk mencapai target pengiriman logistik dan kotak suara pemilu paling lambat  satu hari sebelum pencoblosan tersebut, kotak suara dan logistik sudah harus sampai di TPS, kami mengepak logistik  itu selama  24 jam nonstop,” kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung, M Yusuf  Hasyim, Selasa ( 9/4).

Yusuf mengatakan, pada proses pengepakan12.375 logistik pemilu dan kotak suara tersebut, pihaknya mengerahkan masing-masing petugas dari Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) yang dibantu sejumlah tenaga lainnya.

Namun, terbatasnya ruangan yang ada di lapangan  tenis indoor yang ada di Kowangan yang digunakan gudang  tersebut, dan tidak memungkinkan seluruh 20 PPK se- Kabupaten Temanggung  dan  dibantu tenaga untuk melakukan pengepakan secara bersamaan.

Untuk mengatasi itu, KPU Temanggung  menjadwalkan masing-masing lima  PPK melakukan pengepakan secara bersamaan dan dilakukan secara bergantian selama 24 jam nonstop.

Ia menambahkan, kotak-kotak suara yang sudah diisi dengan logistik pemilu dan dikemas menggunakan plastic  tersebut , selanjutnya akan  mulai dikirim ke sejumlah PPK, mulai  Rabu (10/4).

Menurutnya, pihaknya lebih memrioritaskan PPK yang letaknya sangat jauh dari ibukota kabupaten, agar pada  masa pemungutan suara dapat berjalan lancar. “Kami terlebih dulu akan mengirim kotak suara dan logistik pemilu ke sejumlah PPK yang letaknya berjauhan dengan ibukota kabupaten dan selanjutnya ke PPK yang terdekat,” imbuhnya.

Yusuf menjelaskan, pada Pemilu serentak 2019 ini, di wilayah Kabupaten Temanggung terdapat 2475 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 20 PPK. Dengan jumlah TPS yang mencapai 2475 itu, kotak suara  dan logistik pemilu yang sedang dikemas tersebut sebanyak 12.375 buah.

“Nantinya, di masing-masing TPS akan menerima lima kotak suara yang berisi logistik pemilu  seperti surat suara , alat coblos, bantalan untuk mencoblos, tinta, serta sejumlah dokumen,” ujarnya.

Terkait dengan kekurangan surat suara  untuk wilayah Kabupaten Temanggung yang berjumlah  sebanyak 26.004 surat suara yang ditemukan rusak saat penyortiran, pihaknya telah mendapatkan ganti KPU RI sebanyak 1.192 lembar..

“Informasi dari KPU RI, surat suara pengganti yang rusak tersebut akan dikirim pada tanggal 7 sampai 8 April ini, namun baru Selasa pagi kami menerima sebanyak 1192 lembar,” ujarnya tanpa memerinci surat suara pengganti  yang diterima itu.

Suarabaru.Id/Yon

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here