blank

WONOSOBO- Ketua DPD Partai Golkar Wonosobo dipecat dari jabatannya karena mendukung capres 02. DPD Partai Golkar jateng sigap menyikapi hal ini.

Dewan Pengurus Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah bertindak cepat dengan mencopot jabatan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Kabupaten Wonosobo, Triana Widodo.

Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah, Anton Lami Suhadi, Selasa (9/4), mengatakan sesuai Keputusan Rapimnas, DPP Partai Golkar hingga pengurus di bawahnya wajib mendukung penuh Capres-Cawapres Ir H Joko Widodo dan Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin.

“Jika ada pengurus Partai Golkar tidak sejalan dengan Keputusan Rapimnas maka akan diberi sanksi organisasi berupa pemberhentian sebagai pengurus. Triana Widodo, sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Wonosobo, nyata-nyata telah mendukung Capres-Cawapres 02”, katanya.

Dikatakan Anton, pemecatan Triana Widodo sebagai Ketua DPD II Partai Golkar tertuang dalam SK No : 03/GOLKAR I/IV/2019. Dalam surat yang sama, DPP Partai Golkar mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD II Partai Golkar Wonosobo, M Iqbal Wibisono.

“M Iqbal Wibisono diberi mandat oleh DPP Partai Golkar untuk bisa melaksanakan program  dan kebijakan Partai Golkar di Wonosobo untuk memenangkan pasangan Capres-Cawapres Ir H Joko Widodo dan Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin sekaligus memenangkan Partai Golkar,” tegasnya.

M Iqbal Wibisono mengaku siap melaksanakan mandat Partai Golkar. Pihaknya segera akan melakukan konsolidasi organisasi dengan pengurus Partai Golkar di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa guna menghadapi pemilu serentak yang tinggal beberapa hari lagi.

“Saya kira pemberhentian Ketua DPD II Kabupaten Wonosobo tidak berpengaruh terhadap soliditas  Partai Golkar. Karena yang dicopot hanya jabatan Ketua, sedang pengurus yang lain masih tetap. Kader Partai Golkar dibawah juga masih semangat,” ujarnya.

Ketua DPD Partai Golkar Triana Widodo diketahui menyeberang ke kubu pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga S Uno, setelah bersama beberapa pengurus yang lain menghadiri acara konsolidasi Capres-Cawapres 02 di Hotel Tentrem Yogyakarta, Minggu (7/4), malam

Dalam pertemuan tersebut, CEO PT Cebong Imelindo Wonosobo, melakukan deklarasi dan dukungan kepada Capres-Cawapres 02 dalam pemilu serentak yang akan digelar 17 April 2019. Pilihan sikap berbeda dengan DPP Partai Golkar itu karena alasan merespon aspirasi arus bawah.

Tetap Solid

Triana Widodo yang kerap disapa Wiwit menyatakan menerima atas kebijakan DPP Partai Golkar yang memberhentikan dirinya sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Wonosobo. Keputusan tersebut merupakan konsekuensi dari pilihan politik yang berbeda dari keputusan politik DPP Partai Golkar.

Meski sudah tidak menjadi orang nomer satu di Partai Golkar, dirinya tetap berkomitmen memenangkan partai berlambang pohon beringin di kota pengunungan tersebut. “Saya hanya dicopot sebagai Ketua, saya tetap sebagai anggota dan kader Golkar,” katanya.

Pihaknya mendukung Prabowo-Sandi dalam Pilres 2019 ini karena aspirasi arus bawah yang mengingkan mendukung Capres-Cawapres 02 itu. Sedang dalam pemilu legislatif (pileg) akan tetap berjuang untuk memenangkan Partai Golkar di Wonosobo.

“Saya mohon para kader Golkar di tingkat bawah dan caleg Partai Golkar tetap bersemangat  dan loyal berjuang membesarkan partai di Wonosobo. Saya dan teman-teman yang berbeda sikap dalam Pilpres tidak akan keluar dari Partai Golkar,” serunya.

Dia menyebut perbedaan sikap dalam mendukung Capres-Cawapres merupakan dinamika politik yang harus disikapi secara dewasa oleh segenap kader Partai Golkar. Meski berbeda sikap kader Golkar di Wonosobo tetap solid dan siap bergerak memenangkan Partai Golkar di Wonosobo.

Seperti diberitakan, saat menghadiri kampanye Capres-Cawapres Prabowo-Sandi di Yogyakarta, Triana Widodo dan beberapa pengurus yang lain sempat naik panggung dan melakukan deklarasi mengalihkan dukungan dari pasangan Capres-Cawapres 01 ke pasangan Capres-Cawapres 02.

Esok harinya, Senin (8/4), saat Jamaah Yasinan Nusantara (Jaya Nusa) bersama partai pendukung melakukan deklarasi memenangkan pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin di Gedung IPHI Mendolo Bumireso Wonosobo, Triana Widodo, tidak tampak. Partai Golkar diwakili Wakil Ketua DPD II Ungkur Sutanto SH.

Sementara itu, Ketua Departemen Penggalangan Keagamaan dan Organisasi Masyarakat DPP Partai Golkar Rina Fitri menegaskan seluruh kader Partai Golkar di Wonosobo tetap solid mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam Pilres 17 April Mendatang.

suarabaru.id/Muharno zarka