Bagikan
Danramil 01/Wonosobo sedang memberi materi pembinaan dan pembekalan pada anggota Linmas Kelurahan Jaraksari di aula Balai Kelurahan setempat. SuaraBaru.id/Muharno Zarka  

WONOSOBO-Sejumlah anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kelurahan Jaraksari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo, Selasa (9/4), mengikuti kegiatan pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di aula Balai Kelurahan Jaraksari.

Kepala Kelurahan Jaraksari Ahmad Nuri Utomo SH mengatakan pembinaan dan pembekalan bagi anggota Linmas dilakukan dalam rangka memperiapkan pengamanan lingkungan menjelang pelaksanaan pemilu serentak yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

Bertindak sebagai pemateri pembinaan dan pembekalan Kamtibmas adalah Danramil 01/Wonosobo Kapten Inf Heru Utomo. Dalam tahap persiapan, pelaksanaan dan paska pemilu, personel Linmas merupakan ujung tombak Kamtibmas di lingkungan masing-masing.

Danramil 01/Wonosobo Kapten Inf Heru Utomo mengatakan dalam rangka menghadapi pengamanan pemilu, anggota Linmas perlu dibekali kemampuan fisik, mental dan pemahaman terhadap upaya penanganan masalah Kamtibmas yang berpotensi mengganggu jalannya pemilu.

“Melalui pelatihan dan  pembinaan setiap anggota Linmas mampu melaksanakan serta  mengemban tugas dengan baik. Siap mengamankan lingkungan demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif dalam pelaksanaan pemilu 2019,” tegasnya.

Bela Negara

Selain itu, ditambhakan Heru Utomo, pembekalan tersebut bertujuan mendidik dan melatih disiplin personil Linmas sehingga dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya dalam pesta demokrasi.

“Anggota Linmas sebagai bagian masyarakat dapat menjadi contoh warga lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara. Aktif turut serta dalam menjaga Kamtibmas dalam pemilu serentak 2019,” tegas Heru.

Menurut Danramil, satuan Linmas memiliki peran yang sangat penting. Selain membantu menjaga keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, Linmas juga sangat penting dalam ikut menjaga keamanan pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilu.

Dikatakan Heru, Anggota Linmas dibekali berbagai wawasan peraturan perundang-undangan terkait pemilu. Setiap personil Linmas juga diminta netral alias tidak memihak kepentingan politik salah satu caleg maupun Capres-Cawapres yang akan bertarung dalam pesta demokrasi.

“Linmas harus dapat bertindak proporsional dan profesional serta mempelopori program pemerintah di masing-masing wilayah. Bersama anggota TNI-POLRI ikut mewujudkan keamanan dan ketertiban serta penanggulangan bencana alam sosial masyarakat,” tegasnya lagi.

Heru berharap peran aktif masyarakat dalam menciptakan situasi wilayah yang aman kondusif serta harmonisasi di dalam kegiatan Pemilu 2019. Jika kondisi aman, warga pun bisa menggunakan hak pilihnya dalam pemilu secara bebas dan nyaman.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here