Bagikan
Ikuti Apel : Para kaposkamling se Kabupaten Grobogan mengikuti apel kaposkamling yang diadakan di Halaman Mapolres Grobogan, Senin (8/4). Kegiatan ini diselenggarakan Sat Binmas Polres Grobogan dipimpin Kapolres AKBP Choiron El Atiq. Foto : Hana Eswe.

Grobogan – Sembilan hari lagi, Pemilu 2019 akan diselenggarakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Persiapan juga dilakukan pihak keamanan yakni dari institusi kepolisian. Hal tersebut terlihat dari Apel Kaposkamling yang digelar Senin (8/4) di halaman Mapolres Grobogan.

Kegiatan ini diselenggarakan Satbinmas Polres Grobogan yang dipimpin Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq. Beberapa pejabat teras Polres Grobogan juga menghandiri kegiatan ini serta tamu undangan seperti perwakilan Kodim 0717/Purwodadi, Satpol PP, Linmas dan Senkom.

Dalam amanatnya, Kapolres mengungkapkan, apel kaposkamling ini merupakan wahana evaluasi keberadaan poskamling yang memiliki aktivitas dalam kegiatannya. Melalui poskamling ini merupakan satu upaya menciptakan keamanan dan ketertiban secara swakarsa di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

“Kita semua mengetahui keberadaan poskamling serta seluruh perangkatnya merupakan garda terdepan kekuatan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal. Dari pengamatan saya, para kaposkamling dan seluruh perangkatnya telah terbukti berbuat dan berusaha mewujudkan rasa aman yang menjadi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat. Khususnya pada waktu malam hari sehingga berdampak pada terwujudnya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Grobogan, seperti sekarang ini,” ucap Kapolres.

Perlu Sinergitas : Perlu adanya sinergitas antara kepolisan dengan awak pos kamling. Tujuannya agar tercipta keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Foto : Hana Eswe.

Kapolres menambahkan, keberadaan dan pengoperasionalan poskamling sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat. Yakni berkaitan dengan masalah keamanan sehingga dalam kehidupan dinamika masyarakat yang semakin modern, keberadaan poskamling masih relevan dan sangat diperlukan.

“Poskamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa. Keberadaannya telah memiliki tempat yang jelas dalam rangka menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkap Kapolres.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berpesan agar seluruh lapisan masyarakat dapat menciptakan situasi kamtibmas. Khususnya di wilayah Kabupaten Grobogan. Peran awak poskamling ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya.

“Melalui apel kaposkamling ini, kita tingkatkan kerukunan dan kebersamaan dalam berbangsa dan bernegara guna mencegah konflik sosial menjelang pemilu legislative dan pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk. Jika menemui adanya gangguan kamtibmas, jangan segan untuk menghubungi Bhabinkamtibmas di desa masing-masing atau kantor polisi terdekat,” imbau Kapolres.

Unjuk Gigi : Perangkat poskamling Desa Genengadal unjuk gigi memperagakan “Tek-tek Kamling” binaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa Toroh usai apel Kaposkamling. Foto : Hana Eswe.

Acara apel Kaposkamling ini diakhiri dengan peragaan tek-tek kamling dari Desa Genengadal Kecamatan Toroh, binaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa Toroh.

suarabaru.id/Hana Eswe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here