Bagikan
Lionel Messi/dok

BARCELONA – Barcelona memberi pukulan mematikan kepada rival terdekatnya, Atletico Madrid, dalam perburuan gelar Liga Primera Spanyol (LaLiga). Barca kini bisa bernapas lega. Los Cules menundukkan Atleti 2-0 pada big match di Camp Nou, Minggu (7/4) dini hari WIB. Dua gol telat pasukan tuan rumah dilesakkan Luis Suarez dan Lionel Messi.

Tim tamu harus tampil dengan 10 pemain sejak menit ke-28 setelah Diego Costa mendapat kartu merah. Meski demikian, Barca harus menunggu hingga menit ke-85 sebelum akhirnya kebuntuan dipecahkan Suarez. Gol Messi semenit kemudian memastikan tiga angka untuk La Blaugrana. Skuad arahan Ernesto Valverde itu kini mengumpulkan 73 poin dari 31 pertandingan. Messi dan kolega unggul 11 poin atas Atleti.

Dengan tujuh laga tersisa, peluang Barca untuk merengkuh gelar juara LaLIga kian terbuka. Namun, klub Catalan diingatkan untuk menjaga fokus hingga titel benar-benar aman di tangan. “Tiga poin fundamental, benar-benar hasil yang penting. Kami lebih dekat, tapi jalan masih panjang,” ujar Ernesto Valverde. Eks entrenador Athletic Bilbao itu lalu menegaskan, “Anda harus menuntaskan tugas. Benar bahwa ini adalah pertandingan yang penting dan tiga poin ini bisa berarti banyak pada akhir musim.” Dia terkesan dengan ketenangan timnya. Pasalnya, Los Colchoneros bertarung hebat kendati bermain dengan 10 orang.

Bagi Diego Simeone, pelatih Atleti, kekalahan ini melanjutkan catatan buruk melawan Barca. Pria 48 tahun itu belum sekalipun merasakan kemenangan atas Los Cules di LaLiga. Sudah 15 pertandingan kontra La Blaugrana dilaluinya, dan hasilnya adalah lima kali seri dan 10 kali kalah. Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Barca adalah satu dari tiga tim yang belum berhasil ditaklukkan bersama Real Mallorca (tiga laga) dan Racing Santander (satu partai).

Bahkan, secara keseluruhan catatan Simeone kontra Los Azulgrana di semua kompetisi sangat buruk. Dia sudah 25 kali menghadapi Los Cules di semua ajang, dan cuma menang dua kali, sembilan imbang dan 14 kali kalah. Mengenai kartu merah Costa, Simeone mempertanyakan wasit yang tidak menghukum para pemain Barca atas aksi serupa. Kartu merah diacungkan Jesus Gil Manzano selepas Costa marah-marah di depan wajahnya. Kabarnya, striker Spanyol berdarah Brasil itu melontarkan makian bukan hanya kepada Manzano, melainkan juga kepada ibunya. (rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here