Bagikan
Seperti Stempel : Sekilas benda yang ditemukan Sutrisno, warga Dusun Medang Desa Banjarejo Kecamatan Gabus ini sekilas seperti cincin, namun diperkirakan benda ini seperti stempel pada peninggalan Kerajaan Majapahit perkiraan antara abad 14-15. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Rumah Fosil Banjarejo kembali menambah koleksi benda kuno. Sebuah perhiasan emas seberat 8,8 gram ditemukan Sutrisno (42) warga Dusun Medang, Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Rabu (3/4). Saat itu, Sutrisno memang iseng mengisi waktu liburnya mencari emas di area persawahan yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Keisengan tersebut berbuah hasil. Sutrisno menemukan emas kuno tersebut. Hasil penemuannya itu kemudian diserahkan ke Rumah Fosil Banjarejo untuk disimpan sebagai koleksi baru.

Emas yang ditemukan warga ini dibenarkan Kades Banjarejo Ahmad Taufik. Menurut dia, emas tersebut ditemukan di kedalaman 1 meter berbentuk seperti cincin dengan diameter 1,5 sentimeter.

“Perhiasan yang ditemukan ini diperkirakan merupakan peninggalan era Kerajaan Majapahit antara abad ke-14 sampai 15. Untuk sementara ini sudah diamankan di Rumah Fosil Banjarejo. Ini mirip stempel ya, tapi bukan stempel raja,” kata Taufik, sapaan akrabnya, saat dikonfirmasi Jumat (5/4).

Taufik mengatakan, penemuan perhiasan kuno ini merupakan penemuan yang kesekian kalinya. Menurut dia, penemuan emas kuno ini sudah dilaporkan ke Balai Arkeologi Banjarejo untuk dilakukan penellitian selanjutnya.

Diteliti Tim Arkeologi Banjarejo : Setelah ditemukan, benda kuno ini diteliti tim arkelogi Banjarejo yang selanjutnya disimpan di Rumah Fosil Banjarejo. Foto: Hana Eswe

“Kalau penemuan yang keberapanya, tidak terhitung. Bersyukur tambah satu koleksi perhiasan dari situs Medang Banjarejo. Ini bukti peninggalan sejarah nenek moyang. Saya mengajak masyarakat agar tetap melestarikan cagar budaya Indonesia,” pungkasnya.

suarabaru.id/Hana Eswe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here