Bagikan
Salah satu kelinci yang meraih juara nasional pada Kontes Kelinci ECO4 di Yogyakarta, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Kelinci milik Fuad Mochanafi warga Kampung Trunan, Kelurahan Tidar Selatan, dan Aryono Septa penduduk Sanggrahan, Kelurahan Wates, Kota Magelang, meraih dua gelar juara nasional.

Dua peternak kelinci itu meraih juara pada Kontes Kelinci ECO4 Yogyakarta yang digelar beberapa hari lalu  di Sleman City Mall.

Kontes berskala nasional tersebut diikuti sekitar 117 peserta dari Bandung, Purwokerto, Solo, Semarang, Magelang, Malang dan Magetan.

Kelinci milik Fuad Mochanafi menyabet juara Best Opposite Breed (BOSB) untuk kategori New Zealand. Sedang kelinci milik Aryono Septa meraih Best Of Breed (BOB) untuk kategori Flemish Giant.

Kedua peternak kelinci asal Kota Magelang ini tergabung dalam Komunitas ‘Republik Truwellu’, salah satu asosiasi kelinci binaan Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang.

Terkait prestasi itu Fuad Mochanafi dan   Aryono Septa berharap, penghargaan ini dapat memberi aura positif dan menular ke komunitas peternak di Kota Magelang. ‘’Penghargaan itu menambah semangat saya  beternak kelinci,’’ ungkapnya kemarin (4/4).

Aryono Septa menambahkan, prestasi yang diraih sebagai buah dari konsistensi perjuangan bersama komunitas kelinci di Kota Magelang. ‘’Prestasi kami merupakan bukti bahwa kualitas kelinci Magelang dapat bersaing di tingkat Nasional, asalkan mendapat kesempatan dan edukasi yang benar,’’ tegasnya.

Kegiatan kontes kelinci ECO 4 di Sleman, Yogyakarta itu masuk dalam kalender tahunan dan berskala nasional.

Mulyono dari Komunitas Peternak Kelinci Sehati Yogyakarta mengatakan, visi dan misi kegiatan adalah untuk lebih mengenalkan kelinci kepada masyarakat, serta menjalin silaturahmi antarpeternak kelinci di berbagai daerah.

Penyelenggaraan kontes kali ini bertajuk ‘Tribute too Almarhum Muhamad Azhari, Kegigihan dalam Dunia Kelinci’,

Ketua panitia kegiatan Rinto menerangkan, jenis kelinci yang dilombakan pada acara itu meliputi New Zealand, Rex, Mini Rex, Holland Loop, ND, Lion Head, Fuzzy Loop, dan Flemish Giant. Sebagai juri adalah juri nasional Adi Rosdiantoro dan Adhisuryo Wibowo.

‘’Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak, acara dapat berjalan lancar, meriah dan sukses. Semoga dapat mendorong semakin majunya perkelincian Indonesia pada umumnya dan Yogyakarta–Magelang pada khususnya,’’ terang Rinto.

Kasi Peternakan Bidang Peternakan Disperpa Kota Magelang, Sugiyanto menuturkan, dirinya bangga atas prestasi yang diraih binaannya. Pihaknya akan terus mendukung aktivitas Komunitas Kelinci Kota Magelang untuk menghasilkan kelinci-kelinci berkualitas, dan meraih prestasi yang lebih tinggi demi mengharumkan nama Kota Magelang di kancah nasional. (Suarabaru.id/dh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here