Bagikan
BERJUBEL: Kunjungan pasien rawat jalan di RS dr Soetrasno berjubel. Dari persoalan inilah yang akhirnya diluncurkan program mengantar obat gratis ke rumah pasien.(Djamal AG)

REMBANG – Gebrakan baru dilakukan Rumah Sakit (RS) dr R Soetrasno Rembang, guna menjawab persaingan rumah sakit yang kian ketat akhir-akhir ini. Setelah memberikan layanan mengantar pulang pasien rawat inap secara gratis, RS milik Pemkab Rembang itu kini meluncurkan program mengantar obat ke rumah pasien rawat jalan secara gratis pula.

Kepala Seksi Pelayanan Penunjang Medis RS dr R Soetrasno Rembang, Budi Darmawan, Selasa (2/4), mengatakan, ada syarat yang harus dipenuhi agar obat dapat dikirim ke rumah pasien rawat jalan. Syaratnya adalah, setiap resep minimal terdapat 5 jenis obat.

“Ya, dalam satu resep paling sedikit ada 5 macam obat. Kalau kurang dari itu kami tidak bisa mengantar,” terangnya.

Budi Darmawan menambahkan, sebelum obat dikirim ke rumah pasien, petugas farmasi rumah sakit menawarkan kepada pasien terkait. Kalau pasien minta agar obat dikirim, pihak rumah sakit akan mengirimkan. Tetapi kalau pasien sanggup mengambil sendiri, ya tidak ada masalah.

Pada tahap awal ini, program mengantarkan obat secara gratis baru diberlakukan untuk pasien yang tinggal di tiga kecamatan, masing – masing Kecamatan Rembang Kota, Kaliori, dan Kecamatan Lasem. Layanan dimulai hari Senin – Sabtu, dengan jam layanan yang berbeda.

Khusus untuk Kecamatan Rembang dan Kaliori, pendaftaran dibatasi sampai pukul tiga sore. Sedang untuk Kecamatan Lasem ditetapkan sampai pukul satu siang. Semua akan dilayani oleh petugas farmasi.

Menurut Budi, program mengantarkan obat secara gratis itu selain untuk mengurangi waktu tunggu pasien di rumah sakit, juga untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat Rembang, khususnya yang berobat ke RS dr R Soetrasno.

Apakah program itu akan dipertahankan hingga waktu yang lama? Budi mengatakan belum bisa memastikan. Nantinya setelah 4 bulan akan dievaluasi, guna menentukan apakah pogram ini dilanjutkan atau tidak.

“Yang pasti kami ingin memberikan pelayanan lebih baik kepada pasien, biar mereka tidak terlalu lama antre di ruang tunggu rumah sakit,” ucapnya.

Selain mengantar obat secara gratis, pihak rumah sakit juga membuka layanan “Halo Farmasi”. Program ini untuk melayani konsultasi obat, dan dibuka selama 24 jam. “Jadi semua pasien, baik rawat inap maupun rawat jalan, dapat menghubungi nomor 081 129 943 33 untuk melakukan konsultasi obat,” katanya.suarabaru.id/Djamal AG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here