Bagikan
Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen menyerahkan bantuan insentif dari Pemprov Jateng kepada perwakilan guru agama di Kabupaten Purbalingga, Sabtu (30/3). Sebanyak 2555 guru agama di daerah tersebut menerima insentif dari Pemprov Jateng. (Foto :Santo)

PURBALINGGA- Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin menyerahkan bantuan insentif pengajar keagamaan dari Pemprov Jareng bagi sebanyak  2.555 orang guru agama  yang berada di Madrasah Diniyah (Madin), Taman Pendidikan Alquran (TPQ) maupun lembaga penyelenggara pendidikan keagamaan lain di Kabupaten Purbalingga.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada 10 orang penerima oleh Wagub Jateng H Taj Yasin Maemoen saat kunjunganya bersilaturahmi di pondok pesantren Nurul Barokah Desa Beji Kec Bojongsari Purbalingga, Sabtu (30/3).

Dalam penyerahan secara simbolis kepada para penerima, Taj Yasin didampingi Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi)  serta sejumlah pejabat lain dari Pemerintah Provinsi dan juga Pemkab Purbalingga. Dalam kesempatan tersebut Taj Yasin sampaikan, bantuan insentif untuk pengajar keagamaan di Provinsi Jawa Tengah sebenarnya telah dialokasikan sebesar Rp 330 miliar, namun baru terserap Rp 25,5 miliar. hal itu disebabkan program yang diluncurkan mulai pada tahun 2018 lalu banyak terjadi perubahan.

“Banyak sekali data yang berubah, ada yang sudah meningggal namun masih terdaftar mengajar, ada juga data dobel mengajar di dua atau beberapa tempat dan itu tidak bisa diterima karena harus satu tempat mengajar. Maka melalui kesempatan ini saya minta segera dilakukan validasi, evaluasi serta koreksi dan updating data guru Madin, TPQ dan juga ponpes yang belum masuk data base di tahun 2019 untuk segera melengkapi datanya,” ungkapnya.

Saat ini menurutnya, data guru pengajar keagamaan yang ada di Jateng  terdata sejumlah 171.131 orang. Dari  jumlah tersebut telah diberikan bantuan insentif melalui rekening Bank Jateng Syariah. bantuan insentif tersebut telah diserahkan di beberapa Kabupaten yakni di Kabupaten Pati sejumlah 11.882 orang, Kabupaten Semarang 2.700 orang dan Kabupaten  Purbalingga 2.555 orang. Pemprov dalam mendata dibantu Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah dengan mengambil data dari Lembaga Pendidikan Maarif,Rabithah Maahid Islamiyah (RMI) dan Kementerian Agama.

Sementara itu Plt Bupati Purbalingga Dyah H Pratiwi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada para guru madin dan berharap bantuan tersebut akan menjadi barokah bagi penerima dan menambah semangat dalam upaya memberikan pendidikan kepada anak-anak didiknya khususnya pendidikan agama, karakter dan akhlakul karimah.

suarabaru.id/Santo

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here