Bagikan
SEBAR PAMFLET : Personil Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres, turun jalan di pertigaan Kejaksaan Negeri Blora sebar pamflet ajakan menangkal berita hoaks. Foto : Wahono/

BLORA — Langkah tepat dan positif, dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Blora dalam mencegah maraknya berita hoaks, yakni dengan menyebar atau membagi-bagikan pamflet kepada masyarakat.

Tidak sekadar membagikan pemflet, dalam kegiatan tersebut publik diajak dialog anggota Polres, dan dipesan untuk bersama-sama ikut menangkal serta memerangi berita hoaks.

“Kemarin kami bagi pamflet di banyak titik ruas jalan, hari ini bertatap muka di banyak tempat,” jelas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang melalui Kasubbag Humas Iptu Eko Septi Supriono, Jumat (29/3).

Penyebaran pemplet memenangkal hoaks, lanjutnya, adalah dalam upaya menciptakan situasi yang aman, damai dan sejuk jelang Pemilu 2019.

Sebelumnya, Polres bersama berbagai pihak gencar menggelorakan anti berita hoaks dengan berbagai cara, mulai dari sambang desa, penyuluhan, saat patroli dialogis, dan kegiatan lainnya.

Sasarannya tidak hanya masyarakat umum hingga pegawai negeri (ASN), pelajar, Pramuka, dan berbagai organisasi kemasyarakatan digandeng untuk bersama-sama memerangai hoks.

“Dampak berita hoaks sangat berbahaya, bisa memecahbelah persatuan,” kata Iptu Eko Septi Supriono.

Rasional

Adapun tujuan dari program pembagian pamflet anti hoaks tersebut, adalah sebagai edukasi kepada warga untuk ikut aktif dalam menangkal maraknya berita (khabar) bohong atau hoaks menjelang Pemilu 2019.

“Kapolres bepesan, masyarakat jangan mudah terprovokasi berita hoaks, dan mengajak publik berpikir rasional menyikapi berita belum jelas kebenarannya,” tambah Kasubbag Humas Polres Blora.

Dibeber Eko, menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2019, banyak khabar hoaks beredar di masyarakat lewat media sosial (medsos).

Masyarakat harus cerdas dan bijak dalam bermedia sosial. “Caranya, saring sebelum sharing, cerdas dan bijak dalam bermedsos agar kita tidak menjadi bagian dari penyebar berita bohong,” tandasnya lagi.

Kegiatan edukasi kepada masyarakat rutin dilakukan Humas Polres melalui media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan youtube resmi Polres Blora, tutup Iptu Eko Septi Supriono. (suarabaru.id/Wahono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here