Bagikan
PENGARAHAN : Kabagops Polres Blora Kompol Zuwono, memberi pengarahan pada petugas pelipat-sortir SS DPD RI di gudang KPU, jalan Halmahera 3, Kota Blora. Foto : Wahono/

BLORA — Tidak perlu berlama-lama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Kamis (28/3), langsung melakukan pekerjaan pelipatan dan sortir logistik surat suara  untuk Pemilu DPD RI.

Dalam pekerjaan tersebut, SS yang baru tiba di gudang KPU pada Rabu (27/3), dikerahkan 260 orang pelipat dan penyortir, dengan target sekitar tiga hari akan tuntas.

“Langsung kami lipat dan sortir, hari ini ada 260 pekerja dengan perkiraan tiga hari tuntas,” jelas Sekretaris KPU setempat, Suharto.

Menurutnya, tenaga yang diambil adalah mereka yang sebelumnya sudah terlibat dalam pekerjaan yang sama, yakni surat suara untuk Pilpres, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, sehingga sudah berpengalaman.

Meski demikian, mereka tetap diberikan pengarahan, peringatan dan pembinaan terkait keamanan dokumen negara tersebut, baik dari Polres maupun KPU.

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang melalui Kabagops Kompol Zuwono, rutin memantau keamanan logtistik Pemilu 2019, dan menempatkan personil untuk mengamankan 24 jam penuh.

“Untuk Pemilu yang aman, lancar, dan tertib, kami tempatkan personil untuk amankan logistik Pemilu,” tandasnya.

Dalam Kardus

Diberitakan sebelumnya, sempat ditunggu sekitar dua pekan, surat suara sebanyak 1.443 kardus untuk Pemilu Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, akhirnya diterima KPU setempat, Rabu (26/3) pagi.

Untuk sampai di kota sate, surat suara dikawal dua personel Polres bersenjata lengkap mulai dari gudang PT Balai Pustaka, Pulo Gadung, Jakarta, hingga masuk gudang KPU jalan Halmahera 3, Kota Blora.

Adapun logistik yang dikirim dengan truk tronton bak tertutup tersebut, terdiri 1.442 kardus isi 500 lembar per kardus, dan satu kardus lagi berisi 79 lembar.

Tetulis dalam bukti faktur pengiriman surat suara DPD RI sebanyak 1.443 kardur tersebut, terdiri 721.079 lembar, ditambah surat suaracadangan 10 kardus (5.000 lembar) surat suara.

Logistik Pemilu 2019, antinya akan distribusikan di 2.950 tempat pemungutan suara (TPS) se-Blora. Saat ini, SS yang sudah dilipat dan sortir, saat ini masih tersimpan dalam kardus-kardus.

Selanjutnya setelah pelipatan dan sortir SS DPD RI tuntas, baru akan dimasukkan dalam kotak suara bersama logistik lainnya seperti tinta, bantalan coblos, paku alat coblos, dan formulir lainnya.

Perlu diketahui, Pemilu 2019 yang akan digelar pada Rabu, 17 April 2019, adalah Pemilu serentak, dan di setiap TPS disediakan lima kotak suara, dengan kartu suara yang berbeda warna. suarabaru.id/Wahono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here