Bagikan

CILACAP – Untuk mendukung makin amannya penggunaan LPG oleh masyarakat, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menggelar sosialisasi penggunaan LPG yang aman.

Sosialisasi digelar di aula Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, pada Kamis (28/3) kemarin. Sosialisasi dihadiri warga sekitar dan perwakilan karang taruna.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, menjelaskan sosialisasi bertujuan mengingatkan kembali masyarakat atau konsumen bahwa LPG merupakan barang yang mudah terbakar. Sehingga konsumen harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

”Meskipun produk LPG ini telah dijual dan beredar di masyarakat sejak lama, namun Pertamina sebagai produsen tetap perlu memberikan sosialisasi kepada masyarakat atau konsumen LPG mengenai petunjuk penggunaan LPG yang aman,” kata Andar Titi Lestari.

Dikatakan, Pertamina tetap memastikan bahwa tabung LPG yang beredar telah sesuai dengan standar produksi yang ketat dan teruji, namun konsumen sebagai pengguna juga tetap harus memastikan dari segi penempatan LPG, Kebersihan dan keamanannya.

”Khususnya keamanan pada regulator, selang dan kompor,” tambah Andar Titi Lestari.Dalam sosialisasi Aman Gunakan LPG, Pertamina mengingatkan kembali kepada konsumen untuk menggunakan tabung, regulator dan selang yang sesuai dengan Standard Nasional Indonesia (SNI), menempatkan tabung LPG di tempat yang Datar dan diruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Selain itu selang harus terpasang erat dengan ‘klem’ pada regulator, tabung LPG di letakkan menjauh dari sumber api dan harus diupayakan tidak terpapar panas langsung. Pasang regulator pada katup tabung LPG dimana posisi knob regular mengarah ke bawah. Dan pastikan regulator tidak dapat terlepas dari katup tabung LPG dan sejumlah penjelasan lainnya.

suarabaru.id/ms

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here