Bagikan
Fabio Quagliarella/dok

PARMA – Pelatih Italia Roberto Mancini memuji konsentrasi tinggi timnya ketika membekap Liechtenstein 6-0 pada kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup J di Stadion Ennio Tardini, Parma, Rabu (27/3) dini hari WIB. Fabio Quagliarella menyumbang dua gol Squadra Azzurra dari titik putih. Empat gol lain dipersembahkan Stefano Sensi, Marco Verratti, Moise Kean, dan Leonardo Pavoletti. Gli Azzurri tampil amat dominan dengan menguasai bola 78 persen. Leonardo Bonucci dan kolega melepaskan 41 percobaan, 12 di antaranya mengarah ke gawang. Sementara pasukan tamu hanya punya tiga percobaan dengan satu yang tepat target.

Mancini mengaku gembira karena Bonucci dan kawan-kawan sangat fokus selama 90 menit. Mereka juga melakukan pendekatan yang tepat sejak kick-off. ”Kemenangan memang sesuatu yang sudah diperkirakan, tapi penting untuk menjaga level konsentrasi dan mencetak banyak gol,” tutur Mancini. Menurut dia, penting untuk menciptakan banyak peluang. Semua itu bisa dijalankan berkat pergerakan yang konsisten di semua lini. Lewat dua kemenangan berturut-turut, Italia memimpin klasemen. Juara Eropa 1968 ini unggul dua poin di depan Yunani dan Bosnia-Herzegovina.

Dengan banyak pemain muda, Italia mengawali kualifikasi Euro 2020 dengan sempurna. Gli Azzurri diyakini telah mengembalikan antusiasme suporter. Di bawah Mancini, Italia mengusung sejumlah young guns. Sebut saja Moise Kean, Nicolo Zaniolo, Gianluca Mancini, dan Stefano Sensi. Kean (19) bahkan mencetak satu gol ke gawang Finlandia dan Liechtenstein. Penyerang Juventus itu tercatat sebagai pencetak gol termuda kedua sepanjang sejarah tim nasional (timnas) Italia.

Gelandang Marco Verratti meyakini komposisi tim baru racikan Mancini membuat suporter kembali antusias menyaksikan timnas. Pemain tengah Paris Saint Germain ini menyebut kembalinya semangat fans penting setelah kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018. “Ini adalah dua pertandingan berat, khususnya karena kami tidak boleh kehilangan poin dalam dua partai kandang pertama,” ungkap Verratti. “Dua penampilan yang sangat bagus, dan kami juga senang dengan hasilnya,” tegasnya. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here