blank
DPD RI : Surat suara Pemilu DPD RI tiba di gudang KPU, jalan Halmahera 3, Kota Blora, dan diamankan cukup ketat personil Polres setempat. Foto : Wahono/

BLORA — Sempat ditunggu sekitar dua pekan, surat suara (SS) sebanyak 1.443 dus untuk Pemilu Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, akhirnya diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Rabu (26/3).

Untu sampai di kota sate, SS dikawal dua personil Polres bersenjata lengkap mulai dari gudang PT Balai Pustaka, Pulo Gadung, Jakarta, hingga masuk gudang KPU jalan Halmahera 3, Kota Blora.

“Kami kirim dua personil ke Jakarta kawal SS sampai ke gudang KPU, semua aman dan lancar,” jelas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang melalui Kabagops Kompol Zuwono.

Adapun logistik yang dikirim dengan truk tronton bak tertutup tersebut, terdiri 1.442 kardus isi 500 lembar perkardus, dan satu kardus lagi berisi 79 lembar.

Tetulis dalam bukti faktur pengiriman SS DPD RI sebanyak 1.443 kardur tersebut, terdiri 721.079 lembar, ditambah SS cadangan 10 kardus (5.000 lembar) SS.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Blora, Moh. Khamdum membenarkan SS untuk Pemilu DPD RI sudah tiba dengan aman, jumlahnya 721.079 lembar plus SS cadangan.

“SS Pemilu DPD sudah tiba, kami segera lakukan pelipatan dan sortir,” jelasnya.

blank

24 Jam Penuh

Diberitakan sebelumnya, KPU Kabupaten Blora masih menunggu SS untuk Pemilu DPD RI, karena sampai Selasa (19/3), logistik tersebut belum juga tiba di kota sate.

Logistik SS DPD RI, nantinya akan distribusikan di 2.950 tempat pemungutan suara (TPS) se-Blora, bersama SS Pemilu Presiden-Wakil Presiden, Pemilu DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten yang sudah dilipat dan sortir, saat ini masih tersimpan dalam kardus-kardus.

Menurut Khamdum, nanti kalau logistik sudah lengkap, baru akan dimasukkan dalam kotak suara bersama logistik lainnya seperti tinta, bantalan coblos, paku alat coblos, dan formulir lainnya.

Logistik Pemilu tersebut, kini tersimpan di gudang KPU dengan penjagaan dan pengamanan ketat 24 jam penuh oleh personil Polres Blora.

Untuk kotak suara yang sudah diterima dari KPU pusat sebanyak 14.831, masih ada kekurangan 95 unit. Sedangkan bilik suara mengunakan logistik aluminiun (lama), dan dapat tambahan baru 659 unit, masih kurang 86 unit.

Perlu diketahui, Pemilu 2019 yang akan digelar pada Rabu, 17 April 2019, adalah Pemilu serentak, dan di setiap TPS disediakan lima kotak suara, dengan kartu suara yang berbeda warna. (suarabaru.id/Wahono)