Bagikan
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengikuti mengikuti ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi (ON MIPA- PT). (Foto :dok/santo)

PURWOKERTO-Sebanyak 21 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengikuti ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi (ON MIPA- PT). Mereka terdiri dari tujuh bidang matematika, tujuh biadang biologi dan tujuh bidang kimia.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir Aman Suyadi MP. mengungkapkan kegiatan ON MIPA adalah kegiatan rutin dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (KEMENRISTEKDIKTI) yang berjenjang mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

“Tujuannya untuk mendapatkan Wakil Jawa Tengah yang terbaik dibidang, Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia untuk berlaga ditingkat Nasional. Yang terbaik bakal mewakili Jawa Tengah untuk berkompetisi ditingkat Nasional,” ungkapnya, Selasa (26/3)

Ia mengatakan, kali ini UMP berkompetisi di tingkat Jawa Tengah dengan mengirimkan 21 mahasiswa yang tergabung dalam tiga bidang ilmu.

“Untuk tahun ini kita mentargetkan minimal lolos empat bidang, masing-masing lolos satu untuk maju di tingkat nasional. Karena pada tahun sebelumnya kita bisa meloloskan mahasiswa dibidang matematik, dan tahun yang lalu juga kita lolos di bidang kimia,” tandasnya.

Lebih lanjut Ir Aman menjelaskan, dari 21 mahasiswa yang terbagi dalam tiga ilmu yakni Matematika, Biologi, Kimia. Mereka didampingi masing-masing oleh para dosen yang bersangkutan.

“Jadi setiap hari para peserta telah di bekali untuk persiapan olimpiade Nasional. Targetnya, bisa memperoleh hasil yang maksimal, bisa juara dan membawa harum almamater UMP tercinta,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UMP Dr Anjar Nugroho dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa hal yang perlu disampaikan pada kesempatan kali ini, yang pertama atas nama pimpinan Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta, pendamping dan seluruh tamu undangan di UMP dan Purwokerto secara umum.

“Inilah UMP, kampus kami ada empat, yang pertama di Jl Raya Dukuhwaluh, Purwokerto, yang kedua di Jl Sokaraja itu Fakultas Ilmu Kesehatan, juga ada kampus tiga dan empat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, di kampus 1 sedang ada pembangunan yang Insya Allah akan menjadi gedung yang paling tinggi yang kita punyai, yaitu lantai 10 sedang proses pembangunan.

“Kami ucapkan terimakasih atas kepercayaannya kepada kami sebagai tuan rumah kompetisi ON MIPA kali ini, mudah-mudahan kita bisa melaksanakannya dengan baik dengan segala fasilitas yang kami punyai. Sebagai tuan rumah harapannya penyelenggaraan bisa berjalan dengan lancar, memuaskan semua peserta, bisa melayani peserta dengan baik,” pungkasnya.

Suarabaru.id/santo

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here