Bagikan
Kepala Kantor Kementerian Agama Wonosobo M Thobiq tengah melakukan peletakan batu pembangunan Sekretariat IPHI Wonosobo di sebelah gedung IPHI Mendolo Kelurahan Bumireso, Jum'at (22/3). Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Wakil Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Jawa Tengah Dr Ali Imron lakukan peletakan batu pertama menandai pembangunan Kantor Sekretariat IPHI Wonosobo di sebelah gedung IPHI Mendolo Kelurahan Bumireso, setempat, Jumat (22/3).

Peletakan batu selanjutnya dilakukan oleh Kepala Kemenag RI Drs M Tobiq MSi dan Ketua IPHI Wonosobo Supomo Ibnu Syahid serta Pasiter Kodim 0707/Wonosobo Kapten Infantri Iwan Nafarin. Kegiatan ini di lakukan bersamaan dengan Harlah IPHI Ke-29 tahun 2019.

Sebelum menyaksikan peletakan batu pertama ini, sekitar 500 orang haji, hajjah anggota IPHI dan calon jama’ah haji Wonosobo 2019, mengikuti senam sehat di Alun-alun Wonosobo. Senam ini digelar dalam rangka persiapkan fisik calon jama’ah haji Wonosobo.

Usai melaksanakan senam sehat bersama, para peserta selanjutnya menuju gedung IPHI di Mendolo untuk mengikuti tasyakuran serta menyaksikan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Sekretariat IPHI Wonosono yang baru.

Ketua Pengurus Daerah IPHI Wonosobo, Supomo Ibnu Sahid, mengatakan IPHI Wonosobo bertekat untuk menterjemahkan apa yang menjadi garis besar dari IPHI Pusat, yaitu menjadikan IPHI sebagai rumah besar bagi umat dan mempersatukan umat Islam.

“Keanggotaan IPHI tidak memandang itu siapa dan dari organisasi apa, yang utama mereka sudah melaksanakan haji dan terhimpun wadah persaudaraan haji, saling bersilaturrahmi dan melakukan kegiatan bersama”, kata Supomo.

Bermanfaat

Sementara Wakil Ketua IPHI Jateng Drs Ali Imron, pada kesempatan itu juga menyampaikan selamat, semoga Sekretariat IPHI yang baru nantinya bisa lebih bermanfaat. IPHI sebagai organisasi yang beranggotakan para haji dan hajjah, harus bisa menjadi panutan bagi umat Islam.

“Karena anggota IPHI adalah orang orang atau hamba yang telah dipilih dan diberi kesempatan oleh AllaH SWT untuk menjalankan ibadah Haji. Oleh karena itu apa yang dilakukan harus bisa menjadi contoh dan bisa bermanfaat bagi masyarakat”, ucapnya.

Pj Sekda Wonosobo H M Zuhri, SSos MSi selain memberi ucapan selamat, juga berharap IPHI Wonosobo semakin dikenal, matang matang dan punya peran besar dalam ikut mewujudkan kemaslahatan umat, khususnya diĀ  Wonosobo.

“IPHI selama ini telah tumbuh dan berkembang menjadi wadah pengikat persaudaraan para haji dengan kegiatan amal nyata, dalam rangka memantapkan kemabruran haji di segala aspek kehidupan, serta senantiasa hadir untuk memberi motivasi kepada para calon jamaah haji”, ucapnya.

Dia berharap momentum peringatan harlah IPHI ini, disamping sebagai ajang silaturahmi dan syiar keagamaan, hendaknya juga menjadi penggerakan amal kebajikan, seperti ikut aktif menangani masalah sosial yang memerlukan perhatian dan kepedulian berbagai pihak.

“Mudah-mudahan IPHI Wonosobo akan mampu menguatkan perannya sebagai organisasi yang dapat menjembatani kepentingan masyarakat muslim, serta penghubung antara tuntutan ajaran agama dengan realitas sosial dan mengimplementasikan haji mabrur sepanjang hayat”, tandas dia.

Kapten Inf Iwan Nafarin juga mengucapkan selamat atas peringatan harlah IPHI semoga IPHI semakin menjadi rumah para alumnus Mekah Madinah. Dengan IPHI ini para alumnus bisa menjaga kemabrurannya.

“Dengan dibangunnya gedung Sekretariat IPHI diharapkan bisa menguatkan tali silaturrahmi antar anggota IPHI dan kegiatan para jamaah haji semakin intensif serta memberi manfaat bagi masyarakat”, katanya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here