Bagikan
Jambanisasi ini dikhususkan kepada para keluarga prasejahtera di Desa Asemrudung melalui TMMD Sengkuyung Tahap I. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN- Selama ini beberapa masyarakat Prasejahtera yang tinggal di Desa Asemrudung, Kecamatan Geyer, Grobogan kesulitan untuk buang air besar secara sehat. Hal ini disebabkan tidak adanya jamban di rumah mereka. Saat hendak melepaskan hajatnya, mereka harus pergi ke sungai terdekat.

Namun, mereka tidak perlu merasa kesulitan lagi. Berkaitan dengan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2019 diadakan program pembangunan jamban secara gratis kepada 10 KK yang tergolong dalam keluarga prasejahtera.

Pemberian bantuan gratis berupa jamban gratis ini ditujukan kepada warga yang belum dapat membuat jamban sendiri. Diharapkan dengan bantuan ini, pola hidup sehat tertanam di masyarakat.

Ucapan terima kasih diungakapkan salah satu warga, Tulus. Warga Dusun Karang, Desa Asemrudung ini bersyukur dengan pembangunan jamban ini. Menurut dia, keluarganya tidak perlu mengalami kesulitan buang air besar sebab sudah dicarikan solusinya dari kegiatan TMMD ini.

“Kami berterima kasih kepada seluruh anggota TNI dalam kegiatan TMMD ini sebab sudah dibuatkan jamban untuk keluarga kami ini,” katanya.

Danramil 09/Gundi Kapten Czi Agus Munarwanto mengungkapkan, pembangunan jamban secara gratis ini memang menjadi program TMMD Sengkuyung dan diberikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan.

“Diberikannya jamban ini jauh-jauh hari sudah di data sebelumnya, dimana ada beberapa warga yang harus didahulukan untuk mendapatkan jamban ini,” jelas Kapten Agus.

Selain program jambanisasi dalam TMMD Sengkuyung tahap I ini, beberapa kegiatan lain dilaksanakan di antaranya pengecoran jalan, rehabilitasi Mushola dan pos kamling.

“Sisa waktu jelang penutupan TMMD Sengkuyung ini tinggal beberapa hari lagi, untuk itu pengerjaan pembangunan jambanisasi ini harus segera terselesaikan,” pungkasnya.

suarabaru.id/Hana Eswe

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here