Bagikan
Harry Kane/dok

LONDON – Gareth Southgate, pelatih tim nasional Inggris, akan tetap mengutamakan darah muda (young guns) saat menjamu Republik Ceko pada laga pertama kualifikasi Euro 2020 Grup A di Stadion Wembley, London, Sabtu (23/3) dini hari WIB. Southgate kehilangan lima pemain pilar karena cedera. Sebagai gantinya, mantan bek itu memanggil dua debutan, James Ward-Prowse (Southampton) dan Callum Hudson-Odoi (Chelsea). Declan Rice, gelandang yang baru kali pertama dipanggil, berpeluang menjadi starter. Dalam formasi 4-3-3, Rice dimainkan bersama dua pemain muda potensial, Ross Barkley dan Dele Alli.

Southgate meyakini timnya tetap kompetitif kendati kehilangan sejumlah pemain inti. Dia bersyukur lini depannya memiliki stok berlimpah. Posisi striker utama masih dikuasai Harry Kane. Untuk pendamping Kane, Southgate punya banyak pilihan. Ada Raheem Sterling, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Hudson-Odoi. Dengan skuad berkualitas dan faktor tuan rumah, The Three Lions difavoritkan menang. Namun, pertandingan biasanya awal selalu sulit dan itulah yang perlu diwaspadai skuad Tiga Singa.

Di kubu Ceko, pelatih Jaroslav Silhavy minus kiper utama Tomas Vaclik yang mengalami cedera. Posisi penjaga gawang akan diambil alih Jiri Pavlenka. Silhavy (57), yang mengambil jabatan tim nasional senior sejak 2018, menyiapkan formasi aman 4-1-4-1. Patrik Schick diplot sebagai striker yang dilapis empat gelandang. Untuk membentengi lini belakang, dia memasang seorang gelandang bertahan.

Silhavy sudah mengantisipasi Inggris bakal agresif. Karena itu, dia menempatkan Tomas Soucek sebagai gelandang bertahan. Dia diharapkan mampu membendung kekuatan barisan gelandang The Three Lions. Ceko memang enggan bermain bertahan. Namun, pertahanan yang solid dan dalam akan membuat skuad tuan rumah frustrasi. Begitu tekanan Inggris mentok, mereka langsung melakukan serangan balik cepat. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here