Bagikan
Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menyerahkan BA kepada perwakilan PPK usai Rapat Pleno DPTb KPU Grobogan di Hotel Kyriad Grandmaster Purwodadi, Rabu (20/3) sore.Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN- Jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) telah direkapitulasi dan diumumkan melalui rapat pleno yang diadakan Rabu (20/3) di Kyriad Grandmaster Hotel Purwodadi. Dalam rapat tersebut telah ditetapkan sebanyak 601 pemilih masuk menjadi DPTb yang tersebar ke dalam 193 TPS di Kabupaten Grobogan. Sementara untuk pemilih yang keluar dari Kabupaten Grobogan berjumlah 2.334 yang tersebar dalam 1.553 TPS. Hal tersebut dikatakan M Machruz, anggota Komisioner KPU Grobogan.

“Kemarin kita sudah melakukan rapat pleno terkait Daftar Pemilih Tambahan atau DPTb. DPTb sendiri adalah pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT tetapi pada hari H karena situasi dan kondisi tertentu memutuskan untuk pindah dan memilih di TPS lain,” kata Machruz, Kamis (21/3).

Dalam rekapitulasi DPTb ini dihadiri 19 PPK se -Kabupaten Grobogan, Bawaslu, perwakilan partai politik serra instansi pemerintahan yang terkait yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Grobogan.

Pria yang menjabat di Divisi Perencanaan, Data dan Informasi tersebut mengatakan, sebelumnya KPU melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara massif. Baik melalui tatap muka, iklan di radio, spanduk di titik strategis maupun media sosial.

Suasana Simulasi Hitung Suara di Kantor KPU Grobogan. Foto : Hana Eswe

Dengan ditetapkan DPTb ini, Machruz berharap dapat menjadi acuan persiapan distribusi logistik. “Penetapan DPTb dalam rapat pleno ini diharapkan dapat menjadi acuan kita untuk persiapan distribusi logistik,” katanya.

Rapat pleno ini diakhiri dengan serah terima Berita Acara (BA) rekapitulasi DPTb dari Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo kepada perwakilan PPK.

Adakan Situng Untuk Persiapkan Diri Jelang Pemilu<P>

Penyelenggaraan Pemilu serentak yang akan diadakan 17 April 2019 nanti membuat pihak KPU Grobogan terus mempersiapkan diri, seperti pelaksanaan Simulasi Penghitungan (Situng) Surat Suara yang dilaksanakan di hari yang sama. Bertempat di Kantor KPU Grobogan, seluruh petugas KPU yang ditetapkan untuk menghitung jumlah suara pada hari H nanti mengikuti simulasi tersebut. Machruz mengatakan, trial penghitungan ini dipersiapkan untuk pemilu 2019 dengan tujuan mengetahui kesiapan petugas saat melakukan tugasnya dalam penghitungan suara.

“Kemarin juga diadakan trial simulasi hitung persiapan untuk hari H nanti. Tujuannya, untuk mengetahui kesiapan petugas bahwa semua berjalan lancar dan sudah siap. Insya Allah sampai ahri ini semua sudah siap untuk melakukan situng di hari H nanti,” pungkas Machruz.

suarabaru.id/Hana Eswe.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here