Bagikan
Bupati Kudus HM Tamzil saat melihat produk-produk UMKM di Desa Damaran, Kecamatan Kota. foto: Suarabaru.id/

 

KUDUS – Bupati Kudus HM Tamzil berharap Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM) yang ada di desa-desa Kudus bisa berkembang pesat. Oleh karena itu,  Tamzil menginstruksikan dinas-dinas terkait untuk terus melakukan pendampingan kepada UMKM tersebut secara lebih maksimal.

Hal tersebut sebagaimana ditegaskan Tamzil saat hadir di Desa Damaran, Kecamatan Kota dalam kegiatan penilaian Lomba desa tingkat kabupaten tahun 2019, di Desa Damaran, Kecamatan Kota, Rabu (20/3).  Lomba yang bertujuan untuk mengukur kinerja sekaligus evaluasi atas program pembangunan yang dilakukan pemerintah desa desa dalam berbagai bidang.

“Saya mengucapkan terima kasih atas apa yang telah dilakukan Pemdes khususnya Damaran  hingga saat ini. Kerjasama antara pemerintah desa dengan seluruh warga yang saling gotong royong dalam menyiapkan segala perlengkapan lomba,” kata Tamzil.

Lebih lanjut Tamzil menjelaskan, kegiatan Lomba Desa sengaja digelar sebagai bentuk evaluasi terhadap terhadap pembangunan desa. Terutama terkait pelayanan terhadap masyarakat, seperti posyandu, PAUD, dan pembinaan  UKM.  “Jadi tidak cuma saat lomba saja yang ditekankan,” jelasnya.

Karena itu, dirinya berpesan untuk tetap menjalankan semua program yang ada. Program desa yang dirasa sudah bagus diharapkan Tamzil tetap berjalan sekalipun penilaian telah dilakukan.  “Program-program harus berkelanjutan, jangan berhenti setelah perlombaan,” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Damaran, Said Romadhon menjelaskan wilayah desanya telah memiliki pusat pendidikan. Mulai tingkat PAUD sampai Sekolah Menengah Atas. Selain itu, Desa Damaran juga sudah memiliki ciri khas dan siap untuk perlombaan desa di tahun ini.  “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga desa Damaran atas usahanya,” terangnya.

Dalam sambutannya, dirinya juga memaparkan tentang sejarah berdirinya Desa Damaran sampai letak geografis. Kondisi wilayah Damaran serta keberagaman masyarakat.   “Damaran ini desa yang khas dengan berbagai keberanekaragamannya,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, juga di serahkan bantuan bedah rumah untuk 9 penerima bantuan se-kecamatan kota di kabupaten Kudus oleh Tamzil. Pihaknya mengharapkan supaya bantuan senilai Rp 15 juta tersebut bisa bermanfaat.

Suarabaru.id/tm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here