Bagikan
 Danramil 06/Kertek Kapten Inf Ponidi tengah memberikan penyuluhan pola hidup sehat dalam keluarga di hadapan anggota TP PKK Desa Bejiarum Kecamatan Kertek, Rabu (20/3). Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Masalah kesehatan merupakan aspek paling penting dalam sebuah keluarga. Kondisi keluarga yang sehat secara fisik, psikis dan lingkungan akan berpengaruh terhadap kesehatan anak maupun anggota keluarga yang lain.

Karena itu, kebiasaan hidup sehat bisa dimulai dari lingkungan keluarga. Kondisi tubuh yang sehat karena ditopang oleh olah fisik atau olah raga, konsumsi makanan bersih dan bergisi dan kondisi lingkungan di rumah yang bersih dan sehat.

“Kesehatan bagaikan nafas dan perilaku hidup sehat adalah udara yang dihirup setiap detiknya. Penyakit menular seperti HIV/AIDS, malaria, dan tuberkulosis bisa menyebabkan kematian ibu hamil dan balita,” ungkap Kapten Inf Punidi, Danramil 06/Kertek Wonosobo.

Mantan Pasi Pendim Kodim 0707/Wonosobo itu, mengatakan hal tersebut dalam acara “Penyuluhan Hidup Sehat” di Balai Desa Bajiarum Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo, Rabu (20/3), pagi. Acara tersebut diikuti 60 anggota PKK Desa Bajiarum Kertek.

Danramil 06/Kertek juga memberikan penyuluhan tentang menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan pekarangan yang ada untuk ditanami sayur-sayuran di halaman rumah. Sehingga halaman rumah terlihat bersih, indah dan sehat bagi lingkungan.

Tanam Sayur

Penyuluhan tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar ibu-ibu PKK yang hadir dapat memahami tentang kesehatan keluarga dan di lingkungan. Ilmu yang sudah didapatkan bisa dteruskan kepada warga yang lain. Sehingga warga punya kesadaran untuk hidup sehat.

“Sejengkal tanah yang ada di sekitar pekarangan rumah warga bisa dimanfaatkan secara maksimal dengan ditanami buah-buahan. Penanaman bisa dilakukan dengan model hidroponik maupun menggunakan polyback (pot plastik) sehingga tidak memakan tempat”, katanya.

Ponidi berharap keluarga menjadi pioner hidup sehat bagi masyarakat di sekitarnya. Semua itu dapat di awali dari pembinaan dalam keluarga, dengan pola hidup sehat akan membentuk masyarakat yang sehat pula.

Ketua TP PKK Desa Bejiarum Ny. Tugiman menyampaikan rasa terima kasih mendapat penyuluhan tentang kesehatan keluarga. Dengan adanya penyuluhan tersebut, warga bisa sadar akan pentingnya hidup sehat dalam keluarga maupun di masyarakat. SuaraBaru.id/Muharno Zarka

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here