Bagikan
Anggota yang masih menggunakan KTP dengan status masih pelajar dihimbau segera mengurus perubahan status pekerjaan. Foto : Hana Eswe

GROBOGAN-  Seluruh personel Polres Grobogan dikagetkan dengan pemeriksaan dan pengecekan oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Jateng usai apel pagi di halaman Mapolres Grobogan, Rabu (20/3). Pengecekan tersebut meliputi sikap tampang dan surat nyata diri, gampol, sikap tampang, penyalahgunaan wewenang, senpi, kelengkapan surat atau alat kendaraan bermotor, tempat-tempat hiburan malam serta penyalahgunaan narkoba.

Ketua Tim Bidpropam AKP Pontjo Oetmoe mengatakan, pihaknya mengadakan pengecekan tersebut ke Polres Grobogan daam rangka pembersihan secara internal. “Sengaja kegiatan ini kita lakukan secara mendadak agar setiap anggota Polres Grobogan mempunyai tanggung jawab secara moril akan tugasnya sebagai penegak hukum. Di samping itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kedisiplinan. Alangkah baiknya, kita bersih-bersih terlebih dahulu, sebelum melakukan kebersihan di luar institusi kita,” katanya.

Tidak ditemukan pelanggaran berarti dari pemeriksaan tersebut. Hanya beberapa personel dengan tatanan rambut yang tidak sesuai dengan petunjuk sikap tampang yang diharuskan dalam aturan.

Tes urine yang dilaksanakan dalam pemeriksaan ini ditujukan untuk mengukur sejauh mana personil Polres Grobogan menjadi teladan di masyarakat. Foto : Hana Eswe.

“Ini sedikit gondrong dan harus dicukur agar rapi. Nanti, silakan ambil surat tanda anggota di kantor Propam setelah dirapikan,” kata AKP Sri Rejeki kepada personel yang kedapatan potongan rambutnya tidak sesuai dengan peraturan sikap tampang.

Selain ditemukan personil dengan potongan rambut yang tidak sesuai, tim Bidpropam juga menemukan anggota brigadir baru yang KTP-nya masih tertulis berstatus pelajar. Anggota tersebut kemudian diminta untuk mengurus KTP baru dengan status pekerjaan saat ini sebagai anggota kepolisian.

Dalam pemeriksaan ini, tim juga menggandeng Dokpol Polda, Unit Provos dan Paminal serta Dikpol Polres Frobogan. Pelaksanaan tes urine ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana personil Polres Grobogan menjadi teladan di masyarakat serta mampu membentengi diri untuk tidak terlibat dalam perilaku menyimpang seperti penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang.

“Kami berterimakasih kepada seluruh jajaran Polres Grobogan. Sejauh pemeriksaan ini, kita tidak mendapati personil yang melakukan penyimpangan. Hanya sedikit pelanggara- pelanggaran para brigadir baru yang KTP-nya masih berstatus pelajar. Berkaitan dengan pemeriksaan surat surat pun kami nilai semuanya tertib, “ tambah AKP Pontjo.

 

suarabaru.id/Hana Eswe

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here