Bagikan
LOGISTIK : Anggota KPU Blora bersama petugas Polres mengecek logistik Pemilu 2019 yang tersimpan di gudang logistik I KPU setempat. Foto : Wahono/

BLORA – Logistik surat suara (SS) Pemilu DPD RI, sampai  Selasa (19/3), belum juga dikirim Blora. SS tersebut, nantinya akan dimasukkan kotak suara dan distribusikan di 2.950 TPS, jumlahnya 722.525 eksemplar.

“Kami tinggal menunggu surat suara DPD RI, SS lainnya sudah rampung kami lipat dan sortir,” jelas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Moh. Khamdum.

Dijelaskan, sebelum SS DPD RI tiba, surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten yang sudah dilipat dan sortir, saat ini masih berada dalam kardus-kardus.

Selanjutnya, jika nanti kalau logistik sudah lengkap, baru akan dimasukkan dalam kotak suara bersama logistik lainnya seperti tinta, bantalan coblos, paku alat coblos, dan formulir lainnya.

Khamdum belum bisa memastikan kapan logistik SS untuk Pemilu DPD RI tiba di Blora, dengan harapan bisa segera tiba pekan ini atau pekan depan, harapnya.

Sedikit

Misalkan datangnya awal April 2019, nanti akan dikerahkan tenaga pelipatan, sortir dan penataan dalam kotak suara di ruang tertutup dan luas, yakni di GOR Mustika.

“Sudah kami cek semua, sejauh ini tidak ada masalah, dan SS yang kurang hanya sedikti-sedikit,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, pekerjaan menata dan merakit logistik kotak suara pemilihan umum (Pemilu) 2019, telah diselesaikan oleh Kabupaten Blora.

Juga dengan surat suara, kecuali SS DPD RI, semua sudah rampung dilipat dan disortir. Logistik Pemilu tersebut kini tersimpan di gudang KPU dengan penjagaan ketat 24 jam penuh oleh personil Polres Blora.

Logistik kotak suara yang sudah diterima dari KPU pusat sebanyak 14.831, masih ada kekurangan 95 unit. Sedangkan bilik suara mengunakan logistik aluminiun (lama), dan dapat tambahan baru 659 unit, masih kurang 86 unit.

Perlu diketahui, Pemilu 2019 adalah pemilu serentak, dan di setiap TPS disediakan lima kotak suara, dengan kartu suara yang berbeda warna.

KPU mengimbau warga yang sudah terdaftar (masuk DPT), agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Rabu, 17 April 2019, dan memilih sesuai pilihan masing-masing secara rahasia. (suarabaru.id/Wahono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here