Bagikan
Petugas kesehatan mengecek penampungan air di rumah warga untuk upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)

TEGAL – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal menggencarkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan target seluruh wilayah endemis Demam Berdarah Dengue (DBD). Oleh karena itu, pendampingan langsung kader kesehatan di empat kecamatan di mengoptimalkan untuk menyatukan seluruh masyarakat melalui kegiatan PSN.

Kepala Dinkes, dokter Sri Primawati Indraswari mengatakan, untuk menyetujui pembicaraan kasus DBD di wilayah Kota Tegal kegiatan PSN dilakukan secara lengkap. Penyebab, dengan intensitas hujan ringan hingga sedang, perubahan cuaca ekstrim saat ini menjadi pemicu efektif perkembangbiakan vektor DBD. Terlebih, program PSN secara serentak dan sedang diperbaiki menjadi yang terbaik di seluruh kelurahan. “Cuaca seperti sekarang merupakan siklus yang efektif untuk perkembangan vektor pemicu DBD, sehingga perlu diwaspadai dengan PSN,” katanya.

Dia mengemukakan, di wilayah Kota Tegal masih cukup tinggi butuh kewaspadaan bersama hingga April mendatang. Selain itu, status epidemiologi penyakit DBD di suatu wilayah sangat penting oleh manusia, sebaran kasus karakteristik masyarakat dan kepadatan vektor. “Hampir semua wilayah di Kota Bahari menjadi daerah terbatas yaitu vektor penular DBD dan tersebar di semua kelurahan,” diumumkan.

Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes, Inka Roekmiasri menambahkan, pihaknya berharap semua masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan yang sama karena wilayah Kota Tegal menjadi membatasi. Terkait, vektor penularan DBD ada di semua kelurahan agar tetap menjadi perhatian dengan lebih menggencarkan PSN dan 3M Plus. Selain itu, Puskesmas juga meningkatkan surveilans di komunitas. Bahkan, berkoordinasi dengan pihak rumah sakit juga terus dalam mengoptimalkan dalam menyampaikan laporan sekaligus memberikan penanganan DBD secara memadai. “Dengan begitu, fogging fokus bisa dilakukan untuk penanggulangan wilayah terjangkit DBD sesuai prosedur yang digiatkannya PSN,” tandasnya. (Yanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here