Bagikan
GERBANG MAS : Aksi Gerbang Mas ribuan bibit pohon yang dilaksanakan IKA SKMA Cabang Blora di Taman Wisata Alam Sumber Semen. Foto : Wahono/

BLORA – Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) Cabang Blora, beramai-ramai turun di Taman Wisata Alam Sumber Semen Sale, untuk menggelar aksi menanam bersama.

Kegiatan positif untuk lingkungan hijau, dilakukan IKA SKMA dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan (HBR) 2019, dan gerakan ini diselenggarakan serentak seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kali ini, kami namai Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak atau Gerbang Mas,” jelas Ketua IKA SKMA Cabang Blora, La Ode Sahara, Minggu (17/3).

Menurutnya, aksi atau Gerbang Mas tersebut, merupakan bagian dari kegiatan IKA SKMA secara nasional, dan program yang sama akah digelar di HBR tahun-tahujn  mendatang.

Menurut La Ode Sahara yang juga Kepala Seksi (Kasi) Kelola Sumber Daya Hutan (Kelola SDH) pada Perum Perhutani Blora,  kegiatan penanaman ini adalah sebagai wujud kecintaannya terhadap kelestarian hutan dan lingkunganya.

Ajak PWI

Lantas, untuk mewujudkan kecintaan terhadap kelestarian hutan dan lingkungan, IKA SKMA Cabang Blora menggeber aksi menanam bersama untuk melestarikan hutan.

Ribuan pohon berbagai jenis tanaman, lanjutnya, ditanam untuk melestarikan hutan, diantaranya jenis bibit jati, trembesi, mahoni, salam, asam, pulai.

“Kedepan nanti,  kami akan ajak kawan-kawan PWI Blora di acara yang sama,” tambah La Ode Sahara.

Terpisah  Kepala Resort Wilayah Konservasi (RWK) Imam safi’i, memberi apresiasi positif  aksi Gerbang Mas tersebut, karena selai kegiatan yang produktif, juga menjadi contoh bagi organisasi profesi lain.

“Ini contoh positif dalam rangka pelestarian fungsi hutan, yakni melalui rehabilitasi hutan,” tandas Imam.

Di Blora, kegiatan menanam ribuan pohon diakukan 150 anggota IKA SKMA, dan dihadiri Kepala Cabang Dinas Kehutanan Jawa Tengah Wilayah I Blora diwakili Kabag TU Husain Nukman. (suarabaru.id/Wahono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here